Rudal Balistik Korut Bikin Rekor Terbang Sebelum Hantam Laut Jepang

VIVA Militer: Uji coba rudal balistik Korea Utara (Korut)
Sumber :
  • scmp.com

VIVA – Korea Utara (Korut) kembali melakukan uji coba Rudal Balistik Antarbenua (ICBM), Rabu 12 Juli 2023 pagi waktu setempat. Rudal berkemampuan nuklir Korut ini dikabarkan memecahkan rekor penerbangan terpanjang.

Kisah Nyata di Balik Rumah Bagus Pasukan Tengkorak dan Hadiah 5 Miliar dari Jenderal TNI Maruli

Adalah laporan yang dikutip VIVA Militer dari media Jepang, Asahi, yang menyatakan rekor baru yang dicetak selama penerbangan.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Kementerian Pertahanan Jepang, rudal balistik Korea Utara, terbang selama 74 menit dengan ketinggian 6.000 kilometer.

Innalillahi, Prajurit Terbaik TNI Angkatan Darat Meninggal Dunia Tersambar Petir

Dalam laporan lainnya yang dilansir VIVA Militer dari Kantor Berita Jepang, NHK, rudal itu kemudian jatuh sekitar pukul 11.13 di Laut Jepang, 250 kilometer sebelah barat Pulau Okushiri, Hokkaido.

VIVA Militer: Rudal balistik nuklir Korea Utara (Korut)

Photo :
  • nbcnews.com
Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

"Peluncuran dilakukan pada pukul 9:59," bunyi pernyataan Kementerian Pertahanan Jepang.

"Penerbangan roket berlangsung sekitar 74 menit. Pukul 11:13 (05:13 waktu Moskow) jatuh di luar zona ekonomi eksklusif Jepang di Laut Jepang, sekitar 250 kilometer barat Pulau Okushiri di Hokkaido," lanjut kementerian itu.

Tindakan Korut kembali menuai kecamam dari pemerintah Jepang dan Korea Selatan (Korsel), meskipun tidak ada kerusakan yang ditimbulkan akibat uji coba rudal Korea Utara.

Sementara itu, Presiden Korea Selatan, Yun Suk-yeol, menegaskan di depan Dewan Keamanan Nasional jika rezim Kim Jong-un harus membayar insiden ini.

VIVA Militer: Uji coba rudal balistik Korea Utara (Korut)

Photo :
  • nytimes.com

Ini adalah peluncuran yang ke-12 sepanjang 2023, setelah terakhir kali uji coba dilakukan pada 15 Juni lalu. Korea Utara melakukan 37 tes pada 2022 lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya