Rusia Rusak Formasi Serangan Balik Pasukan Ukraina di Front Tenggara

VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata Ukraina (AFU)
Sumber :
  • latimes.com

VIVA  – Kontak tembak antara pasukan militer Rusia dan pasukan Angkatan Bersenjata Ukraina (AFU), pecah sejak Minggu 9 Juli 2023 malam waktu setempat.

Innalillahi... Perwira Terbaik TNI AD, Mayor Raden Swanti Meninggal Dunia Usai Azan Subuh

Melancarkan operasi serangan balik, formasi besar tentara Ukraina justru kocar-kacir saat memasuki daerah Vasilyevsky, Zaporizhzhia.

Upaya untuk mendobrak garis depan pertahanan Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (VSRF), berbuntut nihil. Sejumlah tentara Ukraina tewas dan luka-luka, sementara yang lainnya mengalami luka-luka.

Gonop Hutabarat Diringkus Intel TNI, Gara-gara Bikin Heboh Ngaku Tentara Beking BBM Ilegal

Kabar dihancurkannya formasi tempur militer Ukraina diungkap oleh anggota Dewan Perwakilan Administrasi Sipil-Militer Zaporizhzhia, Vladimir Rogov, Senin 10 Juli 2023.

VIVA Militer: Serangan artileri militer Rusia di Ukraina

Photo :
  • ria.ru
AS Ketar-ketir Sama Rusia

Lewat kanal pesan singkat Telegram pribadinya, Rogov menyebut jika pergerakan maju pasukan Ukraina lebih dulu diketahui intelijen militer Rusia.

Sekitae 30 tentara Ukraina disebut Rogov memasuki kota kecil Pyatikhatki dan Zherebyanka, di daerah Vasilyevsky. 

"Sekelompok khusus Angkatan Bersenjata Ukraina yang mencoba menerobos ke posisi kami, dilikuidasi," ucap Rogov dikutip VIVA Militer dari Kantor Berita Rusia, RIA Novosti.

"Malam ini, di area pemukiman Pyatikhatki dan Zherebyanka di arah Vasilyevsky dari Front Zaporozhye, intelijen kami menemukan pergerakan kelompok khusus Nazi yang berjumlah sekitar 30 orang Nazi," katanya.

VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata Ukraina (AFU)

Photo :
  • ft.com

Gerak maju di Pyatikhatki ini menunjukkan jika daerah itu kerap dijadikan basis militer Ukraina. Sebab beberapa akhir pekan lalu, Rogov mengatakan bahwa pasukan Ukraina telah meninggalkan Pyatikhatki.

Sejumlah tentara Ukraina kabur setelah serangan balik unit Rusia, menghantam kota yang terletak di perbatasan Zaporizhzhia dan Dnipropetrovsk.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya