Amerika Temukan Gudang Nuklir Rusia di Belarus, Ukraina Bisa Tenggelam dalam Hitungan Menit

VIVA Militer: Batalyon Rudal 9K720 Iskander militer Rusia
Sumber :
  • tass.com

VIVA – Federasi Ilmuwan Amerika Serikat (FAS) memastikan telah mengetahui keberadaan senjata nuklir Rusia, yang ditempatkan di wilayah negara Belarus.

Kabar Bahagia TNI, Sarah Puspita Sah Dinikahi Sersan Polisi Militer Hantu Laut Marinir

Sejumlah foto yang berasal dari citra satelit perusahaan teknologi antariksa, Maxar Technologies, telah berhasil dianalisa FAS. 

Hasilnya, organisasi itu memastikan jika senjata nuklir Rusia yang ditemukan adalah rudal balistik jarak pendek 9K720 Iskander.

Penuh Bangga, Mayjen TNI Bangun Nawoko Sambut Kemenangan Prajuritnya dari Medan Laga

Seperti yang diketahui, Belarus adalah salah satu negara sekutu Rusia yang baru saja menerima rudal nuklir Iskander pada Februari 2023 lalu.

VIVA Militer: Tempat penyimpanan rudal balistik nuklir 9K720 Iskander di Belarus

Photo :
  • defence-ua.com
Sergap Rumah Berisi Senjata Api, Pria Tegap Misterius di Sei Meranti Ternyata Intel TNI

Selain rudal, militer Belarus juga mendapatkan jet pembom Sukhoi Su-25 yang kemampuannya ditingkatkan secara khusus untuk membawa hulu ledak nuklir Rusia.

Dilansir VIVA Militer dari Defence Express, foto-foto citra satelit Maxar menunjukkan jika senjata nuklir Rusia itu ditempatkan di antara kota Asipovichy, 40 kilometer dari kota Babruysk, Oblast (Provinsi) Mogilev.

Rudal 9K720 Iskander Rusia ditempatkan di pangkalan Brigade Rudal ke-465 Angkatan Bersenjata Belarus.

Sementara itu foto lainnya memperlihatkan hangar rudal Iskander, yang mulai dibangun sejak Oktober 2022 dan rampung pada April 2023. 

VIVA Militer: Tempat penyimpanan rudal balistik nuklir 9K720 Iskander di Belarus

Photo :
  • defence-ua.com

Hangar itu dilengkapi empat peluncur transporter-erektor, dimana salah satunya dengan pod rudal terbuka dan dua kendaraan 9S552.

Selain itu, para analis berasumsi bahwa lokasi ini juga menunjukkan di mana hulu ledak nuklir sistem Iskander ditempatkan. 

Gudang itu terletak Hanya 10 km dari tempat itu, terdapat Pangkalan Amunisi Artileri ke-1405 (indeks unit militer 42707), di desa Vialikaja Haroza.

Sebagai informasi, Pangkalan Amunisi Artileri 1405 dan Pangkalan Brigade Rudal ke-465 berjarak 200 km dari Ukraina.

VIVA Militer: Rudal balistik 9K720 Iskander militer Rusia

Photo :
  • www.insider.com

Sementara, rudal 9K720 Iskander memiliki kemampuan menjangkau sasaran maksimal sejauh 500 kilometer (310,7 mil) dengan kecepatan maksimal 5,8 Mach (7.285,3 kilometer per jam).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya