Pabrik Drone Angkatan Laut Ukraina Digasak Rudal Jelajah Rusia

VIVA Militer: Rudal jelajah Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (VSRF)
Sumber :
  • alarabiya.net

VIVA – Kementerian Pertahanan Rusia mengonfirmasi serangan rudal presisi tinggi, ke pabrik pesawat tanpa awak (drone) milik Angkatan Laut Ukraina di Selasa 15 Agustus 2023.

Dua Penerbang Tempur TNI AU Berhasil Lulus Pendidikan Squadron Officer School di Negeri Paman Sam

Juru Bicara Kementerian Pertahanan Rusia, Letnan Jenderal Igor Konashenkov, menerangkan jika serangan menggunakan rudal jelajah lintas laut, Senin 14 Agustus 2023 malam waktu setempatm

Sayangnya, Konashenkov tak menjelaskan secara rinci terkait lokasi pabrik sekaligus tempat penyimpanan drone Ukraina tersebut. 

Pimpinan MPR Sowan ke Cikeas, SBY Kasih Wejangan soal Politik Militer hingga Amandemen UUD

Konashenkov hanya menyebut jika situs ini sudah lama menjadi target operasi militer Rusia.

VIVA Militer: Bangkai drone militer Ukraina

Photo :
  • eurasiantimes.com
Tentara Cadangan Israel Ancam Akan Berontak jika Tidak Menang lawan Hamas

Drone yang diproduksi oleh pabrik yang berafiliasi dengan militer Ukraina ini, diyakini digunakan dalam sejumlah aksi sabotase yang oleh Rusia diklaim sebagai tindakan terorisme.

"Tadi malam Angkatan Bersenjata Rusia mengirimkan beberapa serangan dengan senjata presisi jarak jauh lintas laut ke lokasi produksi dan penyimpanan drone Angkatan Laut Ukraina, yang digunakan untuk serangan teroris," ujar Konashenkov.

"Tujuan pemogokan tercapai. Semua tempat yang ditentukan dihancurkan," katanya dilansir VIVA Militer dari Kantor Berita Rusia, TASS.

Selain mengonfirmasi serangan ke pabrik drone Ukraina, Konashenkov juga merilis data hancurnya dua unit roket.

VIVA Militer: Kapal perang Angkatan Laut Rusia menembakkan rudal jelajah

Photo :
  • japantimes.co.jp

Kedua roket itu dipastikan Konashenkov diluncurkan tentara Ukraina menggunakan M142 HIMARS (Sistem Artileri Roket Mobilitas Tinggi), buatan Amerika Serikat (AS).

Selain menembak jatuh dua roket HIMARS, pasukan pertahanan udara Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (VSRF) juga menghancurkan 28 unit drone Ukraina dalam beberapa hari terakhir.

Kemudian, Konashenkov juga memastikan hancurnya baterai sistem pertahanan udara S-300 Angkatan Bersenjata Ukraina (AFU) di Oblast (Provinsi) Mykolaiv.

"Pesawat operasional taktis, pasukan rudal, dan artileri militer Rusia menimbulkan kerusakan pada personel musuh dan perangkat keras militer di 152 area," ucap Konashenkov melanjutkan.

VIVA Militer: Bangkai rudal S-300 militer Ukraina

Photo :
  • forbes.com

"Selain itu, baterai sistem rudal permukaan-ke-udara S-300 dihancurkan di dekat pemukiman Zelyony Gai di wilayah Nikolayev," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya