Plan Bobcat, Konsep Peran TNI AU di Masa Perang dan Damai

VIVA militer: Kepala Staf TNI Angkatan Udara, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo
Sumber :
  • Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Dispenau)

VIVA – Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau), Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, meresmikan peluncuran buku bertajuk Plan Bobcat, di Gedung Widya Dirgantara Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Udara (Seskoau), Lembang, Bandung, Senin 25 Oktober 2021.

12 Program Kerja KSAU Baru, Meningkatkan Pola Operasi hingga Persiapan Mobilisasi ke IKN

Dalam rilis resmi yang diterima VIVA Militer dari Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Dispenau), Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dalam sambutannya memaparkan konsep Plan Bobcat.

Dalam pejelasannya, Kasau mengatakan bahwa Plan Bobcat adalah model transformasi yang diarahkan menjadi landasan konseptual peran TNI Angkatan Udara. Tak hanya di masa perang, tetapi juga peran di masa damai.

Dilantik Jadi KSAU, Tonny Harjono Naik Pangkat Marsekal TNI

Model transformasi Plan Bobcat juga diarahkan dalam rangka meningkatkan kemampuan TNI Angkatan Udara, sebagai komponen strategis untuk melindungi kepentingan nasional. 

Kemudian, Plan Bobcat juga diciptakan untuk menjelaskan bagaimana peran TNI Angkatan Udara dalam pertahanan ekonomi, kehidupan sosial, dan pembangunan postur diasa yang akan datang.

Harapan Wapres Maruf Amin Terhadap KSAU Baru Marsdya Tonny Harjono

VIVA Militer: Kepala Staf TNI Angkatan Laut luncurkan buku Plan Bobcat

Photo :
  • Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Dispenau)

"Model tranaformasi Plan Bobcat berfokus pada tiga pilar, yaitu perubahan pada sisi organisasi, termasuk sumber daya manusia di dalamnya. Teknologi yang diusung, serta kesiapan operasi," ujar Kasau.

Buku Plan Bobcat menjelaskan beberapa doktrin kekuatan udara (air power) dari sejumlah negara, yang memiliki superioritas militer udara seperti Amerika Serikat, Rusia, China, Australia, dan India.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya