Jenderal TNI Penjaga Nyawa Jokowi Datangi Pulau Kosong Samudera Hindia

VIVA Militer: Pulau Rondo
Sumber :
  • Mapio.net

VIVA – Masih ingat dengan Pulau Rondo? Ya, pulau ini adalah pulau terluar yang berada sekitar 50 kilometer dari ujung paling barat Pulau Sumatera. Siapa sangka, ada seorang jenderal bintang dua Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang berani datang ke pulau kosong itu.

Kenang Jenderal Wismoyo, Prabowo: Ajaran Beliau Bawa Saya Sampai Mendapat Mandat Rakyat

Adalah Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Mohamad Hasan, yang memasuki pulau kosong tersebut. Meskipun sulit untuk mengakses Pulau Rondo, jebolan Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI) 1993 itu sama sekali tak kesulitan.

Mayjen TNI Mohamad Hasan menempuh perjalanan untuk tiba di Pulau Rondo yang berada sangat dekat dengan Samudera Hindia, melewati jalur udara menggunakan helikopter.

Asyik Lawan Arah, Bus Pandawa 87 Diadang Kopassus

Dalam laporan yang dikutip VIVA Militer dari situs resmi TNI Angkatan Darat, kedatangannya didampingi oleh dua orang Perwira Menengah (Pamen) yang merupakan anggota satuan elite Komando Pasukan Khusus (Kopassus), Kolonel Inf Djon Afriandi dan Kolonel Inf Riyanto.

Ya, kedatangan Mayjen TNI Mohamad Hasan tak lain adalah untuk melihat secara langsung para prajurit TNI yang bertugas di Pulau Rondo. Para prajurit tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Pulau Terluar (Satgas Pam Puter).

Syarat Iran Tak Jadi Serang Israel, Kisah Penyamaran Intel Kopassus hingga Sopir Bus Positif Narkoba

VIVA Militer: Mayjen TNI Mohamad Hasan tinjau Satgas Pengamanan Pulau Terluar

Photo :
  • tniad.mil.id

Kunjungan Hasan ke Pulau Rondo ini adalah yang perdana, usai mantan Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus) itu menduduki posisi barunya sebagai Panglima Komando Daerah Iskandar Muda (Pangdam Iskandar Muda), pada 9 Desember 2021 lalu.

Tak hanya prajurit TNI Angkatan Darat, anggota Satgas Pam Puter di Pulau Rondo juga ada dari satuan elite Korps Marinir TNI Angkatan Laut. 

Oleh sebab itu, Hasan yang juga menjabat sebagai Panglima Komando Operasi Pengamanan Pulau Terluar (Pangkoops Pam Puter), meminta para prajurit untuk senantiasa meningkatkan kerjasama.

Pria yang juga pernah menjabat sebagai Komandan Grup A Pasukan Pengamanan Presiden (Dangrup A Paspampres) ini menegaskan, tidak ada perbedaan antar sesama prajurit TNI. Terutama dalam melaksanakan tugas menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Kalian di sini semuanya bersaudara, tidak ada perbedaan," tegas Mayjen TNI Mohamad Hasan.

Pangdam Iskandar Muda, Mayjen TNI Mohamad Hasan, kunjungi satgas Pulau Rondo

Photo :
  • tniad.mil.id

Sebagai Pangkoops Pam Puter Pulau Rondo, Hasan juga meminta para prajurit untuk selalu menjaga kondisi kesehatan selama berada di medan operasi serta menghindari pelanggaran sekecil mungkin.

"Hindari pelanggaran sekecil apapun dan jaga nama baik satuan," ucapnya.

Tak lupa, mantan Komandan Kompi 113/Kalajengking Grup 1 Kopassus itu juga menghimbau para anggota satgas, untuk selalu waspada dalam setiap pelaksanaan patroli di pulau terluar ujung barat NKRI tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya