Tak Terlihat, Ini Sosok Prajurit TNI Kodam Jaya di Pedalaman Papua

VIVA Militer: Prajurit TNI Satgas Apter Kesdam Jaya di Papua.
Sumber :
  • Penerangan Kesdam Jaya

VIVA – Mungkin sebagian besar masyarakat tak ada yang pernah tahu, apalagi melihat bahkan memuji sosok-sosok prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Tentara Israel Makin Ganas, Separuh Kota Rafah Dicaplok

Memang mereka tak pernah terlihat tampil di kota-kota besar, walaupun sebenarnya mereka berasal dari Ibukota Jakarta, yaitu dari Komando Daerah Militer (Kodam) Jaya/Jayakarta.

Lalu siapa sosok prajurit TNI ini dan di mana mereka berada?.

Rudal Amerika Hantam Kapal Perang Pembawa Nuklir Militer Rusia

Mereka ada prajurit TNI Angkatan Darat dari satuan Kesehatan Kodam (Kesdam) Jaya. Berdasarkan siaran resmi Kesdam Jaya dilansir VIVA Militer, Jumat 7 Oktober 2022, para prajurit TNI ini kini sedang berada di pedalaman belantara Papua.

VIVA Militer: Prajurit TNI Satgas Apter Kesdam Jaya di Papua.

Photo :
  • Penerangan Kesdam Jaya
Mencoba Kelabui Petugas, 16 PMI Ilegal yang Sembunyi di Pulau Kosong Dibekuk Jajaran TNI AL

Mereka sudah berada di sana hampir setahun lho, mereka ditugaskan dalam Satuan Tugas Aparat Teritorial (Satgas Apter) Papua sejak Desember 2021 lalu.

Pergi ke pedalaman Papua yang jaraknya ribuan kilometer dari Jakarta, meninggalkan keluarga, istri dan anak-anaknya hanya demi membantu meringankan penderitaan masyarakat.

'Adapun anggota Kesdam Jaya/Jayakarta yang melaksanakan penugasan Apter Papua berjumlah 4 orang yaitu Serda Ilham, Serda Fernando, Kopda Adhytiya dan Kopda Nur Arifin' tulis Kesdam Jaya.

VIVA Militer: Prajurit TNI Satgas Apter Kesdam Jaya di Papua.

Photo :
  • Penerangan Kesdam Jaya

Tugas di pedalaman Papua tentu sangat berbeda dengan di Jakarta. Tapi lihat saja mereka menjalani tugas itu dengan semangat dan penuh dedikasi.

Selama bertugas dalam Satgas Apter Papua, para prajurit Kesdam Jaya ini khusus memberikan pelayanan kesehatan dan dukungan kesehatan untuk masyarakat yang berada di wilayah penugasan.

Keberadaan pasukan kesehatan TNI ini sangat penting dan berharga banget bagi masyarakat pedalaman Papua, karena selama ini masyarakat tak bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak. Hal ini disebabkan minimnya fasilitas kesehatan dan tenaga medis.

Baca: Pamit Tinggalkan TNI, 2 Jenderal Pejabat Kemhan Serahkan Jabatan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya