TNI AL Akan Modernisasi 8 Kapal Tua Agar Siap Tempur

KRI Teluk Penyu (513) ingin dipensiunkan sebagai Kapal Perang TNI AL
Sumber :
  • Wikipedia

VIVA – Rencana Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Prabowo Subianto untuk modernisasi alutsista TNI dengan melakukan peremajaan terhadap 41 kapal perang (KRI) TNI Angkatan Laut disambut baik Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali.

May Day: Prabowo Subianto Wishes Prosperous for Workers

Laksamana Muhammad Ali mengatakan, rencana peremajaan atau modernisasi kapal-kapal perang TNI Angkatan Laut, khususnya yang sudah berusia tua merupakan sebuah keniscayaan yang harus dilakukan guna membangun unsur kekuatan laut yang disegani di manca negara. 

Muhammad Ali mengakui, peremajaan atau modernisasi kapal perang TNI Angkatan Laut adalah sebuah kebutuhan untuk meningkatkan kemampuan kapal perang yang siap tempur dalam menjaga kedaulatan wilayah perairan Indonesia.

Said Iqbal Tegaskan Partai Buruh Akan Dukung Prabowo Gibran

Meskipun Kemhan RI telah merencanakan akan melakukan peremajaan sebanyak 41 KRI, lanjut Ali, pihaknya menegaskan bahwa program modernisasi kapal perang TNI AL itu akan dilakukan secara bertahap.

"Namun kita akan prioritaskan pada kapal-kapal yang sudah sangat tua dan sudah memang harus diperbaiki, itu yang didahulukan. Mungkin ada 8 dulu," kata KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali di Dermaga Kolinlamil, Jakarta Utara, Senin, 16 Januari 2023.

Prabowo Ucapkan Selamat Hari Buruh, Doakan Makin Sejahtera

Muhammad Ali menambahkan, rencana modernisasi delapan kapal perang TNI AL yang sudah berusia tua itu dilakukan menyesuaikan dengan galangan kapal yang ada di Indonesia, baik galangan kapal milik BUMN maupun galangan kapal swasta. 

"Untuk 41 kapal semuanya dilaksanakan di dalam negeri. Kan kita sudah komitmen bahwa kita akan memprioritaskan semua galangan dalam negeri dan kita libatkan mereka dalam pembangunan kapal perang," ujarnya.

Sebagaimana diberitakan VIVA Militer sebelumnya, pada tanggal 3 Januari 2023 lalu, Menhan RI Letjen TNI (Purn.) Prabowo Subianto bertemu dengan KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali di Kantor Kemhan RI. 

Dalam pertemuan tersebut, Prabowo Subianto menyampaikan bahwa dirinya mendukung penuh TNI Angkatan Laut untuk meningkatkan kemampuan tempur jajaran matra laut dengan merencanakan modernisasi 41 kapal pernah TNI yang sudah berusia tua.

Modernisasi 41 KRI TNI Angkatan Laut itu dilakukan untuk meningkatkan kemampuan sehingga siap tempur. Rencana modernisasi kapal perang TNI AL itu dilaksanakan melalui kerja sama yang dibuat oleh Kemhan RI dengan Industri Pertahanan dalam negeri PT. PAL Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya