Pelukan Terakhir AKBP Alex dan Komandan Pasukan Tempur Kostrad TNI di Bandara Kenyam Papua

VIVA Militer: AKBP Alex berpelukan dengan Letkol Inf Rinto Wijaya.
Sumber :
  • Divisi Infanteri 2 Kostrad

VIVA –  Ada peristiwa luar biasa terjadi di Bandara Kenyam Provinsi Papua Pegunungan saat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Rio Alexander Panelewen untuk terakhir kali berdinas di Kabupaten Nudga.

Jadi, ketika itu perwira Polri berdarah Brimob itu hendak terbang menggunakan pesawat perintis. Ia harus meninggalkan Nduga karena baru saja mendapatkan tugas baru untuk mengisi jabatan Kapolres di Pulau Sumatera.

Di hari terakhir itu, AKBP Alex tak cuma dihantar oleh anak buahnya dari kepolisian saja. Tapi juga oleh prajurit TNI dari Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) dua perwira menengah TNI Angkatan Darat.

Aksi Bejat Tentara Israel Serang Petani Anggur di Kampung Yesus

VIVA Militer: AKBP Alex dengan Letkol Inf Rinto Wijaya dan Letkol Subandi

Photo :
  • Divisi Infanteri 2 Kostrad

Dua pamen TNI AD itu yakni, Komandan Satuan Tugas Batalyon Infanteri Raider 514/Sabbadha Yudha, Letnan Kolonel Inf Rinto Wijaya dan Komandan Satgas Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa, Letkol Inf Subandi.

Siasat Dungu Militer Zionis, Tank Tempur Israel Bunuh Kawan Sendiri

Berdasarkan siaran resmi Penerangan Divisi Infanteri (Divif) II Kostrad dilansir VIVA Militer, Kamis 6 Juli 2023, terlihat Letkol Inf Rinto dan Letkol inf Subandi berjalan bersama AKBP Alex menuju ke pesawat yang sudah menunggu di landasan pacu.

AKBP Alex berjalan santai dengan mengenakan baju kaos hitam, sedangkan kedua Komandan Satgas Kostrad itu mengenakan seragam loreng TNI lengkap dengan senjata laras panjang di genggaman.

VIVA Militer: AKBP Alex dengan Letkol Inf Rinto Wijaya dan Letkol Subandi

Photo :
  • Divisi Infanteri 2 Kostrad

Mereka terlihat sangat akrab bersenda gurau walaupun beberapa detik lagi perpisahan akan tiba. Momen paling mengharukan akhirnya terjadi, di detik-detik akhir sebelum memasuki pesawat terlihat AKBP Alex memeluk erat Letkol Inf Rinto dan Letkol inf Subandi.

AKBP Alex harus pergi meninggalkan Papua karena diperintahkan untuk mengisi jabatan Kapolres Binjai, Sumatera Utara untuk menggantikan AKBP Hendrick Situmorang yang dimutasi Kapolri menjadi Pamen Yanma Polri.

Memang selama ini AKBP Alex dan Letkol Inf Rinto diketahui sangat akrab dan solid dalam melaksanakan tugas di Nduga. Kebetulan sekali mereka sama-sama ditugaskan masuk ke Papua dalam waktu hampir bersamaan.

VIVA Militer: AKBP Alex dengan Letkol Inf Rinto Wijaya dan Letkol Subandi

Photo :
  • Divisi Infanteri 2 Kostrad

AKBP Alex masuk ke Papua pada Juni 2022 karena dipercaya menjabat Kapolres Nduga menggantikan AKBP I Komang Budiartha. Sedangkan Letkol Inf Rinto mendapatkan kehormatan untuk memimpin Pasukan Macan Loreng Bondowoso melaksanakan tugas operasi di wilayah Kenyam pada Agustus 2022.

Dan Letkol Inf Rinto juga segera kembali ke Pulau Jawa dan tugas operasi di Kenyam digantikan teman seangkatannya di Akademi Militer 2004, Letkol Inf Subandi dan Pasukan Pandawa Kostrad.

Sementara itu, walau baru tiba di Nduga, tapi LetkoL Inf Subandi juga sudah cukup akrab dengan AKBP Alex. "Kegiatan ini merupakan wujud sinergitas antara TNI-POLRI dan BIN yang sedang bertugas di wilayah Kota Kenyam sebagai wujud penghormatan dalam mengantarkan Kapolres Nduga pertama yakni AKBP Rio yang akan berpindah tugas ke tempat tugas baru," kata Letkol Inf Subandi.

Untuk diketahui, Nduga merupakan salah satu sarang kuat kelompok separatis teroris OPM. Dalam beberapa waktu terakhir, OPM bikin ulah di wilayah ini sehingga banyak korban berjatuhan baik dari masyarakat maupun aparat keamanan. 

Baca: Puluhan Tahun Mengabdi Jadi Pasukan Khusus, 4 Prajurit Kopasgat Akhirnya Tinggalkan TNI

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya