Panglima Yudo: TNI Akan Gelar Uji Tempur Latihan Gabungan Kogabwilhan di Tiga Wilayah Bersamaan

VIVA Militer: Panglima TNI Laksamana Yudo Margono
Sumber :
  • Puspen TNI

Jakarta – Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan, dalam waktu dekat ini TNI akan menggelar latihan gabungan TNI di tiga titik wilayah operasi berbeda.

Innalillahi, Prajurit Terbaik TNI Angkatan Darat Meninggal Dunia Tersambar Petir

"Latihan gabungan TNI 2023 bertujuan untuk menguji kesiapsiagaan Kogabwilhan TNI dalam melaksanakan keamanan militer dalam rangka menghadapi kemungkinan kontijensi," kata Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono saat mengawali rapat paparan Latihan Gabungan (Latgab) TNI 2023 bersama Dankodiklat TNI Letjen TNI Eko Margiyono di Wisma Ahmad Yani, Jalan Taman Suropati No.10, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa, 4 Juli 2023 kemarin.

Selain itu, lantut Panglima TNI, Latgab juga betujuan untuk meningkatkan daya tempur satuan TNI, terujinya kemampuan alutsista yang dimiliki TNI, terujinya kemampuan interoperability angkatan dan terujinya doktrin, prosedur dan organisasi dalam pelaksanaan keamanan militer (Kammil) maupun operasi gabungan.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

"Jadi latihan puncak masing-masing tidak ada artinya kalau tidak ada perubahan, karena memang di dalam Keputusan Peraturan Panglima TNI tentang latihan gabungan ini, sistem pertahanan kita masih menggunakan operasi gabungan TNI," ujar Panglima TNI.

Lebih jauh lagi, Laksamana TNI Yudo Margono memaparkan bahwa latihan gabungan TNI tahun 2023 nantinya akan melaksanakan beberapa materi latihan gabungan, seperti operasi udara gabungan, operasi laut gabungan, operasi amphibi, operasi pendaratan administrasi, operasi lintas udara, operasi pendaratan gabungan dan operasi dukungan (Pasukan khusus, bantuan tempur dan penerangan), yang direncanakan akan dilaksanakan di 3 (tiga) tempat yaitu Kogabwilhan I di Dabo Singkep Riau, Kogabwilhan II di Asembagus, dan Kogabwilhan III di Manokwari Selatan.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Dalam bulan Juli ini atau tahun anggaran ini kita juga akan menyelenggarakan latihan besar yaitu Super Garuda Shield di Situbondo dan itu  melibatkan beberapa negara.

"Mari kita laksanakan latihannya seperti perintah operasi gabungan TNI, yang masing-masing matra yang juga menyusun dari tugas Kogasgab, Kogasgab diberikan kepada matra masing-masing," kata Panglima TNI Yudo Margono.

Sejumlah pejabat utama TNI turut hadir pada rapat persiapan Latihan Gabungan TNI 2023 tersebut diantaranya Kasum TNI, Irjen TNI, Pangkobgabwilhan I,II dan III serta Dansesko TNI, para Asisten Panglima TNI, Dankoopssus TNI, Kapuspen TNI dan para Pejabat Utama dari tiga matra.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya