Jelang HUT TNI Besok, Laksamana Yudo Margono Bersimpuh di Depan Pusara Panglima Besar Soedirman

VIVA Militer: Panglima TNI Laksamana Yudo Margono ziarah ke Panglima Soedirman
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

Jakarta – Jelang perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang akan digelar secara terpusat di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat pada Kamis, 5 Oktober 2023, hari ini seluruh prajurit TNI tiga matra melakukan ziarah ke makam para pahlawan nasional dan senior TNI yang telah gugur di masa lalu.

140 Prajurit Baru Spartan Hardha Dedali Resmi Perkuat Yonko 467 Kopasgat

Kasum TNI Letnan Jenderal (Letjen) TNI Bambang Ismawan hari ini mewakili Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memimpin upacara ke makam para pahlawan nasional di Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) Kalibata, Jakarta Selatan.

Usai memimpin upacara di Tugu TMPN Kalibata, Kasum TNI bersama sejumlah Pati TNI dari tiga matra melakukan do'a bersama dan tabur bunga di sejumlah pusara para pahlawan yang telah gugur di masa lalu. Salah satu makam yang didatangi Kasum TNI Letjen TNI Bambang Ismawan dan rombongan adalah makam Presiden RI Ke-3 BJ. Habibie yang terletak di Komplek TMPN Kalibata.

Viral Remaja Aniaya Bocah di Bandung, Ngaku Keponakan Jenderal TNI

Sementara, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono selaku orang nomor satu di lingkungan TNI, hari ini memimpin ziarah ke Makam Panglima Besar Soedirman yang terletak di Taman Makam Pahlawan Semaki, Yogyakarta. 

"Pagi hari ini Panglima, beliau ziarah ke makam Panglima Besar Jenderal Soedirman di Yogyakarta, sehingga beliau di sana, beliau memerintahkan saya untuk mewakili di sini," kata Kasum TNI Letjen TNI Bambang Ismawan usai mewakili Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memimpin sejumlah Perwira Tinggi (Pati) TNI melakukan tabur bunga dan berdo'a bersama di Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu, 4 Oktober 2023.

Tak Ciut dengan Gempuran AS, Houthi Mengganas Beri Perlawanan Sengit

VIVA Militer: Kasum TNI Letjen Bambang Ismawan pimpin ziarah ke TMPN Kalibata

Photo :
  • Istimewa

Kasum TNI menambahkan, ziarah dan do'a bersama tidak hanya dilakukan di Yogyakarta dan Jakarta saja. Menurut dia, rangkaian kegiatan ziarah ke makam para pahlawan dan orang-orang berjasa di Republik Indonesia, khususnya di lingkungan TNI itu dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia.

Sehingga, lanjut Kasum TNI, ziarah juga dilakukan di Makam Presiden RI Pertama, Ir. Soekarno di Blitar, Presiden RI ke-2, Jenderal TNI (Purn.) H.M. Soeharto di Astana Giribangun, dan Presiden RI ke-4, KH. Abdurachman Wahid di Jombang, Jawa Timur. 

"Kita melaksanakan ziarah ini dalam rangka menghormati mengingat kembali jasa-jasa para pahlawan kita yang telah mengorbankan harta terbaiknya, yaitu jiwa dan raganya untuk kepentingan bangsa dan negara. Harapannya adalah kita sebagai generasi penerus dapat menginspirasi apa yang sudah diberikan oleh para pahlawan kita. Itu intinya apa yang kita lakukan pada pagi hari ini," ujar Kasum TNI Letjen TNI Bambang Ismawan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya