Mas Topan Diganti, Letkol Akbar Jadi Komandan Kapal Selam Canggih TNI Seharga 1,5 Triliun

VIVA Militer: Komandan Kapal Selam KRI ALG 405
Sumber :
  • PT PAL

VIVA – Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut baru saja melakukan regenerasi kepemimpinan di tubuh armada tempur bawah laut.

Sergap Rumah Berisi Senjata Api, Pria Tegap Misterius di Sei Meranti Ternyata Intel TNI

Komandan kapal selam tercanggih milik TNI Angkatan Laut, KRI Alugoro-405 telah diganti dari Letnan Kolonel Laut (P) Topan Agung Yuwono kepada  Letkol Laut (P) Muhammad Akbar.

VIVA Militer: Prosesi sertijab Komandan Kapal Selam KRI ALG 405

Photo :
  • Koarmada II
TNI Berduka... Di Hadapan Kolonel Bayu, Nyonya Indri Sujud Menangis Peluk Makam Letnan Imam

Prosesi pergantian dilaksanakan melalui serah terima jabatan di hadapan KRI Alugoro yang muncul ke permukaan di Dermaga Kapala Selam Komando Armada (Koarmada) II, Surabaya, Jawa Timur.

Berdasarkan siaran resmi Penerangan Koarmada II dilansir VIVA Militer, Senin 6 November 2023, pergantian pucuk pimpinan KRI Alugoro-405 dipimpin langsung oleh Komandan Satuan Kapal Selam (Satsel) Koarmada II, Kolonel Laut (P) Ahmad Noer Taufiq.

Mirip Punya Rusia, Drone Bunuh Diri Iran Keliaran dalam Operasi Nabi Besar

VIVA Militer: Prosesi sertijab Komandan Kapal Selam KRI ALG 405

Photo :
  • Koarmada II

Untuk diketahui, dengan prosesi ini maka Letkol Laut (P) Muhammad Akbar mencatatkan sejarah karier militer sebagai orang ketiga yang dipercaya menjabat komandan kapal selam canggih yang dibangun dengan biaya Rp1,5 Triliun itu.

KRI Alugoro merupakan kapal selam kelas Chang Bogo yang pertama kali berhasil dibuat sendiri di Indonesia. Kapal selam ini dibuat dari kerjasama alih teknologi antara PT PAL Indonesia (Persero) dengan Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering Co.Ltd (DSME), Korea Selatan.

Kapal selam ini memiliki panjang 61,3 meter. Saat menyelam di dasar laut, kapal selam ini mampu melaju dengan kecepatan 11 knot atau sekitar 20 kilometer perjam.

VIVA Militer: Komandan Kapal Selam KRI ALG 405

Photo :
  • PT PAL

Kapal berbobot 1,5 ton ini mampu mengangkut  40 awal kapal dan bisa melakukan penjelajahan secara siluman tanpa muncul di permukaan laut selama 50 hari. Alugoro berbeda dari Nagapasa dan Ardadedali, dua kapal selam yang masih saudaranya. Karena kapal siluman laut yang satu ini dirancang untuk mampu melakukan pertempuran di bawah permukaan laut.

Dubuh Alugoro telah bersemayam torpedo Black Shark generasi terbaru dari Whitehead Alenia Sistemi Subacque. Komandan pertama KRI Alugoro adalah Letkol Laut (P) Ahmad Noer Taufik.

Baca: Nasib Baik Mayor Ambar Pilot Cantik TNI, 2 Tahun Usai Selamat dari Kecelakaan Pesawat di Yogya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya