Dankormar Letjen TNI Nur Alamsyah Lantik Kolonel Marinir Rino Jadi Komandan Pasukan Elite Denjaka

VIVA Militer: Dankormar Lantik Kolonel (Mar) Rino Rianto jadi Komandan Denjaka
Sumber :
  • Dispen Kormar

Jakarta – Komandan Korps Marinir (Dankormar) Letjen TNI (Mar) Nur Alamsyah baru saja melakukan pergantian kepemimpinan di tubuh Marinir TNI AL. Dua pejabat strategis Korps Baret Ungu yang diganti adalah Kepala Pusat Komando Operasi dan Pengendalian (Kapuskodal) Kormar dan Komandan Detasemen Jalamangkara (Dandenjaka).

Kabar Bahagia TNI, Sarah Puspita Sah Dinikahi Sersan Polisi Militer Hantu Laut Marinir

Pergantian kepemimpinan di lingkungan Korps Marinir itu dilakukan melalui upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) yang dipimpin langsung oleh Dankormar Letjen TNI (Mar) Nur Alamsyah pada hari Kamis, 9 November 2023 kemarin di Markas Komando Denjaka Marinir, Cilandak, Jakarta Selatan.

Dalam keterangan resmi Dispen Kormar yang diterima VIVA Militer, Jum'at, 10 November 2023, Dankormar Letjen TNI Nur Alamsyah secara resmi menyerahkan jabatan Kapuskodal Kormar Kepada Letkol Mar Eko Budi Prasetyo Adi Santoso yang sebelumnya menjabat sebagai Perwira Staf Operasi (Pasops) Brigif 1 Marinir.

Penuh Bangga, Mayjen TNI Bangun Nawoko Sambut Kemenangan Prajuritnya dari Medan Laga

Tak lama setelah itu, Dankormar juga menyerahkan jabatan Komandan Detasemen Jalamangkara (Dandenjaka) kepada salah satu Perwira Menengah (Pamen) Korps Marinir TNI AL yang baru selesai melaksanakan Pendidikan Reguler (Dikreg) Sesko TNI ke-51, yaitu Kolonel Mar Rino Rianto. 

VIVA Militer: Dankormar Letjen TNI (Mar) Nur Alamsyah pimpin Sertijab Dandenjaka

Photo :
  • Dispen Kormar
Sergap Rumah Berisi Senjata Api, Pria Tegap Misterius di Sei Meranti Ternyata Intel TNI

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Letjen TNI Nur Alamsyah mengatakan, serah terima jabatan Dandenjaka memiliki makna penting dan strategis, dalam rangka peningkatan kualitas organisasi sekaligus menjadi peluang serta tantangan untuk membangun reputasi dan prestasi.

"Denjaka akan terus dituntut untuk mampu menjawab tantangan dengan responsif, sesuai fungsi dan tugas pokoknya sebagai pasukan anti teror, anti sabotase, dan operasi klandestin yang beraspek laut maupun operasi khusus lainnya," kata Dankormar Letjen TNI (Mar) Nur Alamsyah.

Sejumlah pejabat utama Korps Marinir turut hadir dalam upacara Sertijab Komandan Denjaka tersebut, diantaranya adalah Wadan Kormar Brigjen TNI (Mar) Suherlan, Ir. Kormar Brigjen TNI (Mar) Soeharijadi, Danpasmar 1 Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq, Danpasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Y. Rudi Sulistyanto, dan Wadan Koopsus TNI Brigjen TNI (Mar) Supriyono, serta sejumlah pejabat utama TNI AL lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya