Peduli Kemanusiaan, Istri-istri Prajurit TNI AL Kirim Bantuan untuk Korban Perang Gaza

VIVA Militer: Ketum Jalasenastri Fera Ali lepas bantuan kemanusiaan Palestina
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

Jakarta – Ketua Umum Pimpinan Pusat Jalasenastri Fera Muhammad Ali didampingi Wakil Ketum Jalasenastri Netty Erwin S Aldedharma hari ini menyerahkan bantuan kemanusiaan untuk rakyat Palestina yang menjadi korban perang antara Israel dan Hamas di Gaza, Palestina.

5 Negara dengan Militer Terkuat di Dunia, Ada Indonesia?

Fera menjelaskan, bantuan kemanusiaan yang diserahkan kepada Dharma Pertiwi yang merupakan organisasi istri-istri prajurit TNI yang bertugas di Mabes TNI dan Markas Besar TNI Angkatan Laut (Mabesal) ini, berasal dari seluruh jajaran pengurus organisasi istri-istri prajurit TNI AL atau Jalasenastri dari Sabang sampai Merauke.

"Di mana bantuan ini akan dikirimkan ke Palestina, kemungkinan bisa menggunakan pesawat TNI AU atau menggunakan Kapal Rumah Sakit TNI AL," kata Ketua Umum PP Jalasenastri Fera Muhammad Ali di Kantor PP Jalasenastri, Komplek Kodamar, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin, 13 November 2023.

Aksi UI Tiru AS Gelar Kamp Palestine Solidarity untuk Penghentian Perang di Gaza Banjir Dukungan

Lebih jauh dia menjelaskan, bantuan kemanusiaan yang terkumpul saat ini sebanyak 341 Koli yang terdiri dari berbagai keperluan korban perang Gaza, khususnya wanita dan anak-anak.

"Jumlahnya total itu ada 341, di mana 200 kita serahkan kepada TNI AL dan 141 kita serahkan ke Dharma Pertiwi di bawah Mabes TNI. Ada selimut, pakaian, kerudung, kemudian pakaian anak-anak. Kaos untuk bapak-bapak atau laki-laki, handuk, dan lain-lain, makanan juga ada," ujarnya.

AKBP Syukur: Seorang Warga Tak Terlibat OPM Dipulangkan ke Keluarganya

Ketua umum PP Jalasenastri menegaskan, bahwa pemberian bantuan kemanusiaan dari istri-istri prajurit TNI AL ini untuk mendukung program pemerintah Indonesia untuk membantu rakyat Palestina yang menjadi korban perang antara Hamas dan Israel di Gaza. 

VIVA Militer: Ketum PP Jalasenastri Fera serahkan bantuan korban perang Gaza

Photo :
  • Istimewa/Viva Militer

Pantauan VIVA Militer di lapangan, bantuan kemanusiaan sebanyak empat truk itu diserahkan secara simbolis oleh istri Laksamana TNI Muhammad Ali kepada Kepala Dinas Potensi Maritim Angkatan Laut (Kadispotmaral) Brigjen TNI (Mar) Gatot Mardiyono.

Kadispotmaral Brigjen Marinir Gatot Mardiyono mengatakan, bantuan kemanusiaan dari PP Jalasenastri tersebut nantinya akan dikumpulkan di Markas Kolinlamil, Jakarta Utara untuk menunggu jadwal pemberangkatan.

Brigjen TNI (Mar) Gatot menambahkan, atas arahan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali, TNI Angkatan Laut membuka posko bantuan kemanusiaan untuk korban perang Gaza di seluruh markas Komando Utama (Kotama) TNI AL. Dari Kotama-Kotama seluruh Indonesia nantinya akan dikumpulkan di Markas Koarmada II Surabaya dan Markas Kolinlamil, Jakarta Utara.

"Kami sampaikan juga untuk bantuan ini tersebar di seluruh Kotama, jadi seluruh Kotama membuka posko yang nantinya insya Allah pada tanggal 20 November 2023 akan digelar di Kolinlamil yang akan diterima oleh Bapak KSAL," kata Kadispotmaral Brigjen TNI (Mar) Gatot Mardiyono.

"Sekali lagi atas nama TNI AL kami atas nama panitia mengucapkan banyak terimakasih. Semoga apa yang diberikan menjadikan amal ibadah dan menjadikan pahala serta mendapatkan balasan rizki yang melimpah bagi kita semua," tambahnya.

Terkait untuk pemberangkatan bantuan kemanusiaan untuk warga Palestina tersebut, Kadispotmaral mengatakan, pihaknya masih melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak terkait, seperti Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, Kementerian Pertahanan Republik Indonesia, Kedubes Palestina, dan Kedubes Mesir. Dengan demikian dia menegaskan bahwa jadwal keberangkatan bantuan kemanusiaan untuk korban perang Gaza tersebut masih menunggu perintah lebih lanjut dari atasan.

"Di mana pergerakannya masih menunggu perintah lebih lanjut," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya