KSAL Muhammad Ali: Marinir Adalah Tentara Rakyat, Haram Menyakiti Hati Rakyat

VIVA Militer: KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali pimpin upacara HUT Korps Marinir
Sumber :
  • Dispenal

Jakarta – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali hari ini memimpin Upacara Militer dan Parade Defile dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Korps Marinir TNI Angkatan Laut (TNI AL) Tahun 2023 di Komplek Bhumi Marinir Cilandak, Jakarta Selatan. 

Kabar Bahagia TNI, Sarah Puspita Sah Dinikahi Sersan Polisi Militer Hantu Laut Marinir

Dalam amanatnya, Laksamana TNI Muhammad Ali menyatakan, selama 78 tahun pengabdiannya, Korps Marinir TNI AL telah berhasil membuktikan dirinya sebagai kekuatan strategis yang handal dan dapat diandalkan oleh negara dalam menjaga tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia serta tegaknya kewibawaan bangsa. 

Menurut Kasal, Prajurit Marinir telah membuktikan pengabdiannya di setiap palagan dengan menorehkan tinta emas pada lembar sejarah bangsa Indonesia. Bahkan, lanjut Kasal, ketika rakyat memanggil, Prajurit Marinir selalu hadir di tengah rakyat untuk mengatasi berbagai kesulitan rakyat.

Penuh Bangga, Mayjen TNI Bangun Nawoko Sambut Kemenangan Prajuritnya dari Medan Laga

"Prajurit marinir selalu hadir ketika rakyat dan negara membutuhkan dengan kesadaran tinggi, bahwa mereka (Marinir) adalah tentara rakyat yang haram merugikan dan menyakiti hati rakyat," kata Laksamana TNI Muhammad Ali saat menghadiri Upacara Parade Militer dan Defile Peringatan HUT Ke-78 Korps Marinir di Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu, 15 November 2023.

Orang nomor satu di Matra Laut itu menekankan, bahwa peringatan Hari Ulang Tahun Korps Marinir ke-78 tahun haru menjadi momentum untuk terus menjaga nilai-nilai tradisi dan menumbuhkan kebanggaan Korps Baret Ungu. Korps Marinir harus memahami bahwa kisah masa lalu tidak dapat menjamin keberhasilan di masa depan.

Sergap Rumah Berisi Senjata Api, Pria Tegap Misterius di Sei Meranti Ternyata Intel TNI

“Dalam menjaga pertahanan negara dituntut sebuah fleksibilitas, kemampuan adaptasi dan ketangguhan TNI AL. Peperangan masa depan identik dengan kecepatan, presisi dan multidimensional. Dengan kondisi tersebut maka TNI AL akan membangun postur 2025-2044 dengan visi mewujudkan TNI AL yang modern, menggentarkan dan berproyeksi global," ujar Kasal.

VIVA Militer: KSAL Muhammad Ali inspeksi pasukan Marinir TNI AL

Photo :
  • Dispen Kormar

Lebih jauh Kasal berpesan, sebagai pasukan pendarat amfibi yang tangguh, Korps Marinir dituntut harus dapat mengkalkulasi kebutuhan modernisasi alutsista sejalan dengan rencana pembangunan postur TNI AL 2025-2044.  

Dia pun menegaskan, bahwa pimpinan TNI AL akan mendukung penuh Korps Marinir agar menjadi kekuatan pasukan pendarat amfibi yang dapat menggetarkan dunia dan lawan-lawannya di masa mendatang.

“Pimpinan TNI AL akan sangat mendukung rencana Korps Marinir untuk mengakuisisi kendaraan pendarat amfibi, kendaraan taktis tempur, maupun sistem senjata yang lebih modern dan handal untuk menjadi elemen kekuatan Korps Marinir sehingga memiliki kemampuan ship to objective manuver dalam mendukung tugas-tugas TNI AL," kata Laksamana TNI Muhammad Ali.

Untuk diketahui, Upacara Militer dan Parade Defile dalam rangka memperingati HUT Ke-78 Korps Marinir kali ini melibatkan 3.500 prajurit Korps Marinir TNI Angkatan Laut yang terbagi menjadi 4 Satuan Setingkat Brigade. 

Dalam upacara tersebut yang bertugas sebagai Komandan Upacara adalah Kolonel Marinir Argo Setiyono yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Brigade Infanteri-2 Marinir.

Dalam peringatan HUT ke-78 Korps Marinir tahun 2023 yang mengusung tema “Korps Marinir yang Profesional, Tangguh dan Digdaya Terus Melaju Untuk Indonesia Maju." yang turut dihadiri masyarakat yang tinggal di sekitar Komplek Marinir Cilandak itu juga menampilkan beberapa atraksi dari prajurit Korps Baret Ungu, antara lain adalah Beladiri Korps Marinir (Chadrick), Memanah Jalasenastri, Kolone Pedang, Rampak Beduk, Drum Band Korps Marinir dan Defile Pasukan dan Material.

Selain itu, peringatan HUT Ke-78 Korps Marinir TNI AL kali ini juga mempamerkan 
kendaraan dan material tempur andalan Korps Marinir, diantaranya adalah Kendaraan Sub Skimer, PWC, ELSV, ATAV, Chamber, Searider,  Tank BMP 3F, PT 76, BTR 4, BTR 50,  Kapa K 61, LVT 7 A1, BV 2, RM 70 Grad, MLRS Vamoire, MLRS Nourinco, How 105, How 122, Twin Gun, Tatra Amo, Aligator, KIA,  Rubican, Ransus, Reo, Liaz, Ranbeng, Ran Durlap, Opleger, Komob, Ambulance, Mobil Patwal, Motor Patwa, Mobil Ranger dan 13 unit Unimog.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya