2 Pesawat Tempur Super Tucano yang Jatuh di Pasuruan Membawa 4 Perwira TNI AU

VIVA Militer: Kadispenau Marsma TNI Agung R. Sasongkojati di Skadron Udara 15
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

Jakarta – Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma TNI R. Agung Sasongkojati mengatakan, dua pesawat Super Tucano milik TNI Angkatan Darat yang mengalami insiden kecelakaan atau jatuh di sekitar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Pasuruan Jawa Timur tersebut membawa empat Perwira Menengah (Pamen) TNI AU.

Penuh Bangga, Mayjen TNI Bangun Nawoko Sambut Kemenangan Prajuritnya dari Medan Laga

Kadispenau menjelaskan, pesawat tempur ringan Super Tucano dengan Tail Number atau nomor ekor TT-3111 ditumpangi oleh Letkol Pnb Sandhra Gunawan yang duduk di kursi depan dan Kolonel Adm Widiono yang duduk di kursi belakang.

Pesawat kedua, lanjut Kadispenau, Super Tucano dengan Tail Number atau nomor ekor TT-3103 dipiloti oleh Mayor Pnb Yuda A. Seta dan Kolonel Pnb Subhan yang duduk di kursi belakang.

Sergap Rumah Berisi Senjata Api, Pria Tegap Misterius di Sei Meranti Ternyata Intel TNI

"Kedua pesawat tersebut lost contact pada pukul 11.18 dan diperkirakan mengalami accident (kecelakaan)," kata Kadispenau Marsma TNI R. Agung Sasongkojati, Kamis, 16 November 2023.

Puing-puing pesawat TNI AU jatuh di Pasuruan

Photo :
  • VIVA/Uki Rama
TNI Berduka... Di Hadapan Kolonel Bayu, Nyonya Indri Sujud Menangis Peluk Makam Letnan Imam

Lebih jauh Kadispenau menjelaskan, sebelum mengalami kecelakaan dan terbang, dua pesawat Super Tucano tersebut berangkat dari Lanud Abdurahman Saleh, Malang dalam keadaan layak terbang.

Dia menjelaskan, kedua pesawat Super Tucano buatan Brazil itu mengalami kecelakaan ketika sedang melakukan latihan formasi rutin. 

Kendati demikian, Marsma TNI Agung mengatakan pihaknya masih belum dapat memastikan kondisi keempat Pamen TNI AU yang berada di pesawat tempur ringan Super Tucano tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya