Perang di Gaza Berkecamuk, Prabowo: Pemerintah Tidak Akan Tarik Pasukan Perdamaian TNI dari Lebanon

VIVA Militer: Menhan RI Prabowo Subianto di sela-sela Forum the 17th ADMM
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

Jakarta – Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Prabowo Subianto menyatakan, serangan militer Israel ke Gaza Palestina hingga saat ini masih terus berlangsung. 

Kapan Megawati dan Prabowo Subianto Bertemu? Hanya Puan dan Hasto yang Tahu

Menyikapi situasi tersebut, Pemerintah Indonesia masih belum ada rencana untuk menarik Pasukan TNI yang saat ini tengah bertugas menjalankan misi perdamaian PBB di Lebanon

"Sampai sekarang belum ada rencana menarik pasukan perdamaian kita yang ada di Lebanon," kata Menhan RI Prabowo Subianto dalam Konferensi Pers acara 17th ASEAN Defence Minister's Meeting (ADMM) and The 10th ASEAN Defence Minister's Meeting Plus 2023 di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Kamis, 16 November 2023.

Putuskan Dukung Prabowo-Gibran, Nasdem Siapkan Nama Untuk Menteri?

Prabowo menambahkan, pihaknya juga terus berkomunikasi dan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti Dewan Keamanan PBB dan negara-negara terkait untuk memantau perkembangan situasi yang terjadi di Gaza.

VIVA Militer: Latihan Pratugas Satgas TNI Konga UNIFIL 2023

Photo :
  • Dispen PMPP TNI
Tunggu Majelis Syuro, PKS Akan Tentukan Ikut Koalisi atau jadi Oposisi Lagi

"Kita koordinasi terus sama PBB, Dewan Keamanan, dan negara yang berhubungan di situ," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Prabowo, sebagai Ketua atau Tuan Rumah pertemuan Menteri Pertahanan Se-ASEAN (ADMM) mewakili RI juga turut menyampaikan rasa prihatin atas situasi yang terjadi di Gaza hingga kini. 

Ia juga menegaskan bahwa negara-negara ASEAN turut mendesak agar kekerasan yang terjadi di Gaza dapat segera dihentikan.

"Saya kira itu, juga pertemuan saya sebagai ketua sekaligus sebagai wakil dari Indonesia juga beberapa negara, antara lain Malaysia juga menyampaikan rasa prihatin kita atas kejadian di Gaza. Kita mendorong semua usaha untuk segera menghentikan kekerasan di situ," kata Prabowo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya