Pimpin Apel Komandan Satuan di Markas Marinir, KSAL Pastikan TNI AL Siap Amankan Pemilu 2024

VIVA Militer: KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali di Mako Korps Marinir Cilandak
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

Jakarta – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali hari ini memimpin Apel Komandan Satuan (AKS) di Markas Komando Korps Marinir TNI AL, di Cilandak, Jakarta Selatan.

Kabar Bahagia TNI, Sarah Puspita Sah Dinikahi Sersan Polisi Militer Hantu Laut Marinir

KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali menjelaskan, salah satu tujuan Apel Komandan Satuan (AKS) yang dihadiri para pimpinan Komando Utama (Kotama) di jajaran TNI AL itu adalah untuk mempererat silaturahmi dan memperkuat satuan-satuan di bawah jajaran Angkatan Laut.

"Apel Komandan Satuan ini juga bertujuan untuk meningkatkan soliditas diantara seluruh satuan dan bagaimana nantinya bersinergi dengan satuan-satuan lain baik dengan TNI AD, TNI AU, dengan Kepolisian maupun dengan pemerintah pusat, pemerintah daerah, kementerian lembaga dan seluruh komponen bangsa yang ada di negara kita," kata KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali di Mako Korps Marinir TNI AL, Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa, 21 November 2023.

Penuh Bangga, Mayjen TNI Bangun Nawoko Sambut Kemenangan Prajuritnya dari Medan Laga

Orang nomor satu di Matra Angkatan Laut itu juga menambahkan, Apel Komandan Satuan (AKS) yang digelar sejak pagi hingga malam nanti itu, akan membahas beberapa hal strategis di lingkungan TNI AL. Diantaranya adalah Rapat Koordinasi Perencanaan dan Keuangan (Rakor Renaku) II TNI AL tahun 2023 dan persiapan pengamanan Pemilu 2024 mendatang.

Terkait dengan pengamanan Pemilu, lanjut Kasal, TNI Angkatan Laut sudah mempersiapkan kekuatan prajurit maupun alutsista berupa Kapal Republik Indonesia (KRI) untuk mendukung penuh aparat Kepolisian untuk melakukan pengamanan di titik-titik strategis ataupun Objek Vital Nasional (Obvitnas), serta kementerian/lembaga terkait untuk mendukung distribusi logistik Pemilu ke daerah-daerah Terluar, Tertinggal, Terpencil (3T).

Sergap Rumah Berisi Senjata Api, Pria Tegap Misterius di Sei Meranti Ternyata Intel TNI

Kendati demikian, Kasal menegaskan, sampai saat ini dirinya masih belum dapat memastikan jumlah personel yang akan dikerahkan untuk mendukung pengamanan Pemilu 2024 mendatang.

"Tergantung permintaan kepolisian. Kita siap, berapapun yang diminta kita siap," ujar Laksamana TNI Muhammad Ali.

"Sampai saat ini belum ada (permintaan dari KPU maupun Polri). Namun kita udah siap. Biasanya dibicarakan melalui Panglima TNI nanti Panglima TNI akan memerintahkan kepada Angkatan Laut," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya