Pimpin Apel Luar Biasa Jelang Pensiun, Wakasau Gustaf Sampaikan Pesan Perpisahan Ini

VIVA Militer: Wakasau Marsdya TNI A. Gustaf Brugman pimpin Apel Luar Biasa
Sumber :
  • Dispenau

Jakarta – Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Wakasau), Marsekal Madya (Marsdya) TNI A. Gustaf Brugman hari ini memimpin Apel Luar Biasa di Markas Besar Angkatan Udara (Mabesau), Cilangkap, Jakarta Timur.

Tak Ciut dengan Gempuran AS, Houthi Mengganas Beri Perlawanan Sengit

Apel Luar Biasa kali ini merupakan upacara terakhir yang dipimpin oleh Marsdya TNI Gustaf Brugman di lingkungan Matra Udara, sebab Perwira Tinggi (Pati) TNI AU lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 1988 itu sebentar lagi akan memasuki masa purna tugas atau pensiun sebagai prajurit aktif TNI AU.

Dalam moment tersebut, orang nomor dua di Matra Angkatan Udara itu mengucapkan terima kasih kepada seluruh personel Mabesau serta prajurit TNI AU di seluruh Indonesia yang telah membantu menjaga nama baik TNI AU di mata seluruh rakyat Indonesia.

Mayjen Gadungan Nekat Masuk Markas TNI, Fakta-fakta Penyebab Tewasnya Polisi di Mampang

Wakasau Marsdya TNI A. Gustaf Brugman juga meminta kepada seluruh personel TNI AU untuk kembali kepada jati dirinya sebagai seorang TNI yang bertugas mengabdi kepada bangsa dan negara sebagaimana dulu saat awal akan mendaftar TNI atau PNS.

Tidak hanya itu, Wakasau juga menyinggung maraknya permasalahan personel TNI AU, seperti desersi, pinjaman online, narkoba, judi online, dan lain sebagainya. Menurut Wakasau, keterlibatan sejumlah oknum TNI AU dalam hal ini merupakan dampak dari budaya konsumtif dari anggota, sehingga kadang-kadang menghalalkan segala cara untuk mendapatkan yang diinginkan.

Aksi Mulia Prajurit Wing Komando I Kopasgat Sentuh Warga Kampung Jatiwaringin Pondok Gede

VIVA Militer: Wakasau pimpin Apel Luar Biasa jelang purna tugas

Photo :
  • Dispenau

Kemudian terkait banyaknya angka korban kecelakaan di lingkungan Angkatan Udara, Wakasau berharap seluruh personel lebih mematuhi peraturan berlalu lintas dan berhati-hati dan meningkatkan awareness (kesadaran) atau kewaspadaan di setiap perjalanan.

Tidak hanya itu, dalam kesempatan tersebut, Wakasau juga mengingatkan kepada seluruh personel TNI AU untuk senantiasa menjaga keharmonisan keluarga. Menurut Gustaf, harta yang paling berharga adalah keluarga. 

"Bahwa kita semua bisa seperti ini karena peran dari keluarga," kata Wakasau Marsdya TNI A. Gustaf Brugman dilansir VIVA Militer dari keterangan resminya, Senin, 18 Desember 2023.

Terakhir, Wakasau menyampaikan, bahwa dirinya sangat memimpikan terbangunnya kekuatan TNI AU yang modern di masa mendatang dengan berbagai prestasi yang dapat membanggakan institusi/satuan dan seluruh masyarakat Indonesia.

"Saya akan sangat berbangga apabila pada saat pensiun nanti mendengar TNI AU semakin modern, dicintai rakyat dengan prestasi tinggi di segala bidang penugasan," ujarnya.

Untuk diketahui, Marsdya TNI A. Gustaf Brugman sudah menjabat sebagai Wakasau selama dua tahun dua bulan. Sebentar lagi dia akan memasuki masa pensiun, dan posisi Wakasau selanjutnya akan ditempati oleh Marsdya TNI Andyawan Martono yang sebelumnya menjabat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) II.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya