Panglima Koopsudnas Lantik Marsma TNI David Jadi Asops Kaskoopsudnas, Ini Profilnya

VIVA Militer: Pangkoopsudnas Lantik Marsma TNI David Jadi Asops Kaskoopsudnas
Sumber :
  • Dispen Koopsudnas

Jakarta – Panglima Koops Udara Nasional (Pangkoopsudnas)  Marsekal Madya (Marsdya) TNI Tedi Rizalihadi hari ini secara resmi melantik Marsma TNI David Yohan Tamboto sebagai Asisten Operasi (Asops) Kaskoopsudnas. 

Viral Remaja Aniaya Bocah di Bandung, Ngaku Keponakan Jenderal TNI

Marsma TNI David dipercaya untuk menggantikan Marsma TNI Ian Fuady yang saat ini menempati posisi barunya sebagai Staf Khusus Kasau dan akan melaksanakan pendidikan di Lemhanas RI.

Dilansir VIVA Militer dari keterangan resmi Koopsudnas, pelantikan jabatan Asops Kaskoopsudnas itu digelar melalui upacara militer di Lobby Makoopsudnas, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu, 27 Desember 2023.

Tak Ciut dengan Gempuran AS, Houthi Mengganas Beri Perlawanan Sengit

Untuk diketahui, pelantikan Asops Kaskoopsudnas tersebut dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI No. Kep/1324/XI/2023 tanggal 17 November 2023 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

Sertijab ditandai dengan pengambilan sumpah jabatan oleh Pangkoopsudnas dan dilanjutkan dengan penandatanganan pakta integritas oleh pejabat yang baru dilantik.
  
Dalam kesempatan itu, Panglima Koopsudnas Marsdya TNI Tedi Rizalihadi memberikan apresiasi kepada Marsma TNI Ian Fuady atas pengabdian, dedikasi, kerjasama dan loyalitas yang diberikan dalam meningkatkan kinerja organisasi Koopsudnas selama ini.

Mayjen Gadungan Nekat Masuk Markas TNI, Fakta-fakta Penyebab Tewasnya Polisi di Mampang

Kepada Asops Kaskoopsudnas yang baru, Panglima Koopsudnas menyampaikan  ucapan selamat datang dan segera bersosialisasi dengan lingkungan kerja di Koopsudnas.  

"Diharapkan, segala sesuatu yang telah dirintis oleh pejabat lama dapat dilanjutkan dan ditingkatkan," ujarnya.

VIVA Militer: Pangkoopsudnas Lantik Marsma TNI David jadi Asops Kaskoopsudnas

Photo :
  • Dispen Koopsudnas

Untuk diketahui, Marsma TNI David Yohan Tamboto adalah salah satu Penerbang Tempur TNI AU lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 1996.

Sebelum menjabat Asops Kaskoopsudnas, jenderal bintang satu TNI AU itu menjabat Komandan Komando Sektor (Kosek) III Biak, Koopsud III Papua.  

Dia juga tercatat pernah menduduki sejumlah jabatan strategis lainnya di matra udara, diantaranya adalah Danskadud 11 Wing Udara 5 pada tahun 2014-2016, Kalambangja Koopsau II pada tahun 2016-2017, Kadispers Lanud Sultan Hasanuddin Makassar pada tahun 2017.

Tidak sampai disitu saja, dia juga pernah menjabat Danwing 5 Lanud Sultan Hasanuddin Makassar pada tahun 2020, Koorsmin Panglima TNI pada tahun 2020-2021. Setelah itu, dia kembali dipercaya untuk menjabat Komandan Lanud Sultan Hasanuddin Makassar pada tahun 2021-2023, dan terakhir dia menjabat sebagai Komandan Kosek III Koopsau III yang bermarkas di Biak, Papua.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya