SPBU Kuningan Sediakan Cas untuk Mobil Listrik, Ada Tapinya

Stasiun pengisian listrik umum di SPBU Kuningan, Jakarta
Sumber :
  • VIVA/Pius Mali

VIVA – Mobil dengan energi listrik menjadi cikal bakal kendaraan masa depan di dunia, termasuk di Indonesia. Di negara-negara maju, kehadiran mobil listrik diimbangi dengan adanya fasilitas pengisian arus listrik umum atau SPLU.

BYD Tak Akan Terjun ke Dunia Sepeda Motor

Di Indonesia, fasilitas SPLU untuk kendaraan listrik beroda empat juga sudah tersedia. Lokasinya di salah satu Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum Pertamina di Kuningan, Jakarta.

Salah seorang petugas SPBU yang enggan disebut identitasnya mengatakan, stasiun pengecasan tersebut sudah ada sejak September 2018.

Toyota Gak Sejalan dengan Moeldoko, Ini yang Bikin Mobil Hybrid Perlu Insentif

"Sudah ada beberapa dari September. Kalau mau tanya detail, bisa langsung ke Pertamina Pusat saja," kata petugas tersebut kepada VIVA, Minggu 25 November 2018.

Stasiun pengisian listrik umum di SPBU Kuningan, Jakarta

Ukur Diri Dulu, Gak Semua Orang Bisa Punya Mobil Listrik

Dari pantauan VIVA, ada empat unit stasiun pengecasan yang dipasang. Satu unit bertuliskan Kementerian Perindustrian, sebelahnya dari Bosch, kemudian dari Pertamina, dan satu lagi dari BMW.

Empat stasiun pengecasan untuk kendaraan listrik tersebut memanfaatkan area parkir mobil pengunjung SPBU. Area pengecasan mobil listrik terlihat mencolok, lantaran dicat hijau pada bagian lantainya.

Di sana juga diparkir satu unit mobil Mitsubishi Outlander PHEV warna hitam. Di bagian depan mobil dipasang rantai memanjang ke tiga area pengecasan. Rantai tersebut dipasang untuk menghalangi kendaraan parkir di sana. 

"Sementara memang belum diaktifkan. Cuma memang ada mobil buat display," kata petugas tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya