Esemka Akhirnya Muncul, Jokowi Yakin Bakal Laku Keras

Sejumlah mobil pickup terparkir di halaman pabrik mobil Esemka di Sambi, Boyolali.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

VIVA – Presiden Joko Widodo langsung menjajal mobil Esemka jenis pickup, yang baru diluncurkan. Peluncuran mobil buatan dalam negeri ini, dilakukan di PT Solo Manufaktur Kreasiatau Esemka, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Geger Mobil Esemka Pakai Tameng Kabin

Jokowi yang didampingi Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto mengatakan, memang ada beberapa yang masih proses finishing.

Namun, menurutnya, cukup bagus. Apalagi, ini adalah buatan anak bangsa.

Kaget Lihat Harga Esemka Bima Tahun Ini

"Yang penting di sini adalah brand dan principal Indonesia," kata Presiden Jokowi, usai menjajal mobil itu, Jumat 6 September 2019.

Mobil Esemka jenis pickup yang dibuat awal, lantaran melihat kondisi pasar yang sedang membutuhkan. Jokowi yakin, mobil ini akan bisa diterima oleh pasar. Apalagi, harganya terbilang cukup murah.

Eks Pabrik Esemka Jadi Rumah Karantina Pemudik yang Nekat Pulang

"Saya melihat harga kompetitif. Saya tanya, harganya Rp95 juta off the road. Feeling saya, laku keras," katanya.

Untuk memproduksi memang tidak terlalu sulit. Tetapi, tidak bisa juga hanya memikirkan produksinya tanpa penerimaan pasar. Dengan harga terjangkau, Jokowi merasa yakin, akan dilirik oleh pasar dalam negeri.

Terkait beberapa hal yang belum sempurna, menurutnya, tidak ada persoalan. Mengingat, produk ini masih buatan pertama. Masih bisa dilakukan pembenahan-pembenahan ke depannya.

"Sekali lagi, ini produksi pertama. Kualitas, menurut saya cukup baik. Tapi kalau ada kurang dikit, ya ini produksi pertama. Tapi sudah bagus untuk produksi pertama, baik secara desain," jelas mantan Wali Kota Solo itu.

Mobil Esemka merupakan salah satu janji kampanye Jokowi pada Pemilu Presiden 2014 lalu. Merek ini juga, yang mengantarkan Jokowi terkenal dari saat wali kota hingga maju di Pilkada DKI 2012 dan menang di Pilpres 2014.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya