- tvOne/ Teguh Joko Sutrisno
VIVA Otomotif – Lalu lintas pada beberapa ruas jalan di Indonesia kini sudah mulai sangat padat, bahkan beberapa wilayah sudah mengalami kemacetan.
Kondisi di beberapa jalan di Indonesia sudah seperti sebelum pandemi, apalagi jika melihat data dari PT Jasa Marga yang mencatat peningkatan volume Lalu Lintas Harian Rata-Rata (LHR) jalan tol Jasa Marga Group di seluruh Indonesia.
Angkanya yakni sebesar 19,03 persen pada periode semester satu 2022, dibandingkan dengan LHR periode sama tahun lalu yang hanya 2,7 juta. Ada peningkatan menjadi 3,25 juta kendaraan tiap harinya.
Seperti diungkapkan Lisye Octaviana, Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, mobilitas masyarakat beranjak pulih.
Diikuti kondisi ekonomi Indonesia yang terus bangkit dan beranjak pulih dari pandemi, mobilisasi masyarakat menjadi katalis positif terhadap peningkatan volume lalu lintas jalan tol Jasa Marga Group.
"Jika dibandingkan dengan LHR sebelum pandemi yang tercatat sebanyak 3,4 juta kendaraan, maka dapat disimpulkan LHR di sepanjang Semester I Tahun 2022 ini sudah sangat mendekati volume lalu lintas normal sebelum pandemi," bilang Lisye dikutip dari keterangan resmi, Jumat 29 Juli 2022.
Lisye juga mengungkapkan, jika salah satu faktor peningkatan LHR di Semester 1 2022 adalah diberlakukannya kebijakan mudik Hari Raya Idul Fitri 1443 H, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.
Jasa Marga mencatat volume lalu lintas periode arus mudik (H-7 s.d H2) mencapai 1,69 juta kendaraan naik 32,8% dari lalu lintas normal dan 1,78 juta kendaraan pada periode arus balik (H1 s.d H+7) naik 42,7% dari lalu lintas normal.
Sementara itu di Tol Dalam Kota, misalnya, selama periode Januari sampai Juni 2022 sebanyak 496 ribu kendaraan melewati jalan tol itu setiap harinya. Tol Dalam Kota menjadi ruas Jalan Tol Jasa Marga Group dengan LHR tertinggi pada periode Semester I 2022.
Selanjutnya, Jalan Tol Jakarta-Cikampek mencatatkan 443 ribu kendaraan/hari. Dan Jalan Tol Jagorawi dengan 388 ribu kendaraan/hari.
"Untuk mengantisipasi tren peningkatan volume lalu lintas, Jasa Marga selalu berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik kepada pengguna jalan dengan tetap menjaga pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) di jalan tol,” tuturnya.