Hujan Baru Turun, Awas Rawan Kecelakaan Lalu Lintas

Ilustrasi berkendara saat hujan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

VIVA Otomotif  – Pada bulan September ini hujan sudah mulai turun, meskipun  cenderung jarang tapi untuk pengendara kendaraan, hujan baru turun bisa menjadi potensi kecelakaan lalu lintas.

Orangtua Anak yang Tabrakkan Mobil di Mall Jadi Konsumen Chery

Apalagi biasanya para pengendara sepeda motor banyak yang justru menggeber motornya, dengan maksud agar lebih cepat sampai ke tempat tujuan. Agar jaket atau baju yang dikenakan tidak basah. Namun perilaku tersebut sejatinya sangat berbahaya.

Makanya wajib bagi pengendara sepeda motor, untuk menyiapkan perlengkapan berkendara seperti membawa jas hujan. Tujuannya, agar ketika turun hujan pengendara motor bisa mencari tempat yang aman untuk berhenti, kemudian menggunakan jas hujan.

Perlindungan Cat Mobil Berkualitas Tinggi Hadir di Jakarta Selatan

Selain itu, ketika hujan baru turun maka jalanan akan terasa lebih licin. Hal tersebut ternyata bukan mitos, karena seperti yang dilansir dari Seva. Air hujan yang baru turun akan mengangkat minyak atau oli dari dalam pori-pori aspal ke permukaan, yang berasal dari polutan asap knalpot kendaraan.

Ditambah lagi ada beberapa mobil atau truk yang melintas dan kondisi mesinnya kurang sehat, sehingga terjadi kebocoran pelumas.

Apes, Karyawan Diler Bikin Ferrari F40 Seharga Rp51 Miliar Ringsek Parah

Saat kondisi kering, zat tersebut akan meresap ke dalam pori aspal. Karena berat jenisnya lebih ringan dari air, maka saat hujan turun oli akan naik ke permukaan dan membuat jalanan menjadi licin.

Apabila hujan terus mengguyur dengan deras, maka semua kotoran itu bakal terbawa air sehingga jalanan menjadi tidak begitu licin. Meski demikian, bahaya tetap ada karena masih ada genangan air.

Itu sebabnya, pengemudi mobil dan pengendara motor sebaiknya mengurangi kecepatan kendaraan mereka ketika hujan baru saja turun. Perhatikan jarak pengereman, di mana standarnya adalah tiga detik. Saat air turun dari langit, durasinya menjadi sekitar 4-5 detik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya