Motor Listrik yang Praktis Dapat Subsidi, dan Chery Omoda 5 Mulai Dirakit di Indonesia

VIVA Otomotif: Motor listrik Smoot Zuzu
Sumber :
  • Dok: Smoot

VIVA Otomotif – Ada beberapa berita terkait dunia otomotif yang tayang di VIVA pada Rabu 22 Maret 2023, dan banyak dibaca sehingga menjadi terpopuler. Mulai dari motor listrik yang praktis dapat subsidi, sampai dengan Chery Omoda 5 mulai dirakit di Indonesia.

Intip Harga Motor Listrik Polytron, Segini Cicilannya

1. Motor Listrik yang Tidak Ribet Ngecas Ini Dapat Subsidi

VIVA Otomotif: Motor listrik Smoot Zuzu

Photo :
  • Dok: Smoot
Motor Listrik Honda Sudah Dijajal Ratusan Pengunjung PEVS 2024

Pada 20 Maret yang lalu, pemerintah resmi mengeluarkan peraturan terkait bantuan bagi masyarakat yang ingin membeli motor listrik dengan besaran Rp7 juta per unit. Kebijakan ini diambil untuk mendorong percepatan peralihan kendaraan dari model konvensional ke kendaraan yang lebih ramah lingkungan.

Chief Executive Officer Smoot Motor Indonesia, Irwan Tjahaja, menjelaskan bahwa beberapa hari sebelum Peraturan Menteri Perindustrian nomor 6 tahun 2023 itu dihadirkan, seluruh varian motor listrik yang diproduksi oleh perusahaannya telah tersertifikasi TKDN oleh Kementerian Perindustrian. Lihat informasinya di tautan ini.

Kymco Tak Cuma Jual Motor Listrik dan Jasa Tukar Baterai

2. Chery Omoda 5 Mulai Dirakit di Indonesia

VIVA Otomotif: Chery Omoda 5

Photo :
  • Dok: CSI

Pada Selasa 21 Maret kemarin, PT Chery Sales Indonesia telah memulai proses produksi CKD Kit Omoda 5 di Indonesia. Komponen telah dikirimkan dari pabrik suku cadang Chery di Wuhu, China dan telah tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara pada 16 Maret lalu.

Kit Omoda 5 tersebut akan diproduksi untuk dikirimkan kepada 100 konsumen pertama pada awal bulan April. Kit ini terdiri dari berbagai komponen, seperti bodi, mesin, transmisi dan lain-lain. Simak detailnya di tautan ini.

3. Ada Belasan Motor Listrik yang Diproduksi di Indonesia

Motor listrik murah merek Volta 401

Photo :
  • Volta

Ketua Asosiasi Sepeda Motor Listrik Indonesia atau AISMOLI, Budi Setiyadi memberikan apresiasi terhadap dukungan pemerintah dalam memajukan ekosistem kendaraan listrik melalui Peraturan Menteri Perindustrian Tahun 2023.

Menurutnya, data dari Direktorat Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian menunjukkan bahwa delapan perusahaan dengan 13 model telah mencapai tingkat komponen lokal dalam negeri. Baca selengkapnya di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya