Sistem Pengendalian Lalu Lintas Berbasis AI Mulai Diterapkan di Solo

VIVA Otomotif: Pemasangan sistem pengendalian lalu lintas cerdas berbasis AI
Sumber :
  • Dok: TKDN

Solo – PT Teknologi Karya Digital Nusa Tbk baru-baru ini menerapkan sistem pengendalian lalu lintas cerdas berbasis Kecerdasan Buatan atau artificial intelligence (AI), di Simpang Tugu Wisnu Manahan dan Simpang Sumber Girimulyo di Kota Solo, Jawa Tengah.

Kakorlantas Polri Siapkan Rekayasa Lalu Lintas untuk KTT WWF 2024 di Bali

Sistem pengendalian lalu lintas cerdas yang dikenal sebagai Intelligent Traffic Control System (ITCS) ini dirancang untuk mengatasi kemacetan di persimpangan lampu merah dengan menggunakan teknologi AI Digital Twin 3D Generasi ke-5 dan AI Predictive Modelling.

Sistem ini saat ini sedang menjalani tahap Verifikasi, Validasi & Evaluasi (VV&E) oleh organisasi non-profit, yaitu Asosiasi Sistem Transportasi Cerdas Indonesia (ITS Indonesia), untuk memastikan bahwa sistem ini memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan.

Urai Kepadatan Lalu Lintas, Jasamarga Terapkan Contra Flow di Jalan Tol Jakarta-Cikampek

Direktur Utama PT TKDN, David Santoso, menjelaskan bahwa dalam waktu dekat, ITCS dengan teknologi AI mereka akan mendapatkan sertifikasi dari ITS, sehingga dapat diimplementasikan di kota-kota lain di Indonesia.

“Kami telah melakukan uji coba ITCS ini di kota Solo selama kurang lebih 3 bulan, sehingga kami bisa pastikan bahwa teknologi ini dapat menyesuaikan dengan kondisi riil lalu lintas di Indonesia,” ujarnya melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif Kamis 13 Juli 2023.

BIN Shows Commitment to Maintain Security of IKN Nusantara

Teknologi AI Digital Twin 3D Generasi ke-5 yang digunakan oleh PT TKDN dapat mendeteksi penumpukan kendaraan saat terjadi antrian di lampu merah dan menyesuaikan waktu lampu lalu lintas sesuai dengan tingkat kepadatan lalu lintas di setiap simpang.

VIVA Otomotif: sistem pengendalian lalu lintas cerdas berbasis AI

Photo :
  • Dok: TKDN

Kamera deteksi dipasang pada setiap simpang untuk memberikan informasi kepada pengendali lalu lintas mengenai kondisi lalu lintas dan menghitung jumlah volume kendaraan secara real-time.

Beberapa fitur ITCS yang telah diuji coba dan akan tersertifikasi antara lain VIP Green Wave, Bus Priority, Actuated (Full Reaction), Self Adaptive, dan Coordinated Green Wave.

Fitur-fitur ini memungkinkan sistem ITCS untuk memberikan prioritas lampu hijau kepada kendaraan-kendaraan tertentu, mendeteksi bus, memberikan informasi tentang kepadatan lalu lintas, dan mengkoordinasikan waktu lampu hijau antar simpang, termasuk saat malam hari berkat teknologi IR Light.

Sedangkan Teknologi AI Predictive Modelling digunakan untuk menganalisis pola dalam data historis. Dengan menggunakan algoritma deep learning, sistem ini dapat memprediksi tingkat kepadatan lalu lintas di suatu persimpangan berdasarkan data historis dan aktual yang telah dikumpulkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya