Pameran Ini Fokuskan Percepatan Ekosistem Kendaraan Listrik di Indonesia

Inabuyer EV Expo 2023
Sumber :
  • Arianti Widya

Jakarta, 28 November 2023 – Ekosistem motor listrik di Indonesia kian berkembang seiring dengan keinginan Pemerintah untuk mempercepat elektrifikasi di Tanah Air.

Pembeli Mobil Pertama Enggan Pilih EV, Ini Alasannya

Dalam mendukung proses elektrifikasi tersebut, ada sebuah pameran ekosistem sepeda motor listrik bernama Inabuyer EV Expo 2023, yang memamerkan motor listrik, motor konversi serta teknologi dan inovasi terbaru. 

Pada pembukaan acara, Budihardjo Iduansjah selaku Ketua Umum Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO) mengungkapkan fokus dalam acara ini adalah untuk mengupayakan percepatan subsidi bahan bakar dan fasilitas B2B Matching untuk Pemerintah pusat dan daerah melalui pengadaan kendaraan listrik.

Terpopuler: Polisi Gerebek Pameran Otomotif, Pesan Mobil Sport Listrik Rp1,1 Miliar

Inabuyer EV Expo 2023

Photo :
  • Arianti Widya

"Upaya percepatan subsidi bahan bakar dan fasilitas Business-to-Business (B2B) matching bagi pemerintah pusat dan daerah melalui pengadaan EV menjadi fokus utama di event kali ini," ujarnya saat membuka acara Inabuyer EV Expo 2023, dikutip VIVA Otomotif.

BRIN Dukung Industri Kendaraan Listrik Nasional Lewat Pameran IEMS 2024, Catat Tanggalnya

Menurut Budihardjo, pihaknya melihat peluang besar dalam potensi motor listrik berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk transportasi umum.

Dalam kesempatan yang sama, Agus Tjahjana Wirakusumah selaku Staf Khusus Menteri Kementerian ESDM mengatakan bahwa kenaikan emisi terus meningkat seiring dengan tingginya pemakaian kendaraan berbahan bakar minyak (BBM).

"Oleh karena itu diperlukan upaya untuk meningkatkan penggunaan motor listrik sebagai bagian dari inisiatif dekarbonisasi. Dari total 127 juta kendaraan BBM, jika 20% di antaranya dapat dikonversi menjadi motor listrik, hal tersebut dapat mengurangi emisi karbon sebanyak 16.8 juta ton," jelasnya.

Oleh karena itu, pemerintah diharapkan membentuk ekosistem yang mendukung melalui program seperti bengkel konversi motor, Sistem Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), insentif untuk pembelian motor listrik, dan workshop konversi, tambah Agus.

Inabuyer EV Expo 2023

Photo :
  • Arianti Widya

Sebagai informasi, Inabuyer EV EXPO berlangsung mulai 28 November hingga 30 November 2023 dari pukul 10.00 WIB hingga 21.00 WIB di Gedung Smesco, Jakarta Selatan. Para pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya untuk masuk ke pameran ini.

Pameran ini bertujuan untuk membangun peluang bisnis kendaraan listrik melalui kemitraan dan kerja sama, meningkatkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), serta mendukung gerakan Bangga Buatan Indonesia.

Acara ini tidak hanya menjadi wadah bagi merek kendaraan listrik (EV Brands) dan ekosistem nya, tetapi juga menyelenggarakan penjualan langsung dengan program insentif sebesar 7 juta rupiah dan tambahan diskon dari merek kendaraan listrik lokal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya