Waspada Adanya Batu di Jalan Tol

Jalan Tol. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • tvOne/Teguh Joko Sutrisno

Cirebon, 16 Desember 2023 – Para pengguna jalan tol diimbau untuk selalu waspada akan adanya bahaya yang mungkin ada selama perjalanan. Salah satunya yakni keberadaan batu di jalan tol, yang dapat berasal dari berbagai sumber seperti tanah longsor, proyek pembangunan, atau bahkan perbuatan oknum tidak bertanggung jawab.

Truk Tangki Pertamina Tabrak Motor di Bojonegoro, Satu Keluarga Tewas

Bahaya menabrak batu di jalan tol dapat menyebabkan kerusakan kendaraan, luka-luka, bahkan kematian. Jika batu mengenai kaca depan, maka dapat menyebabkan kaca pecah dan membahayakan pengemudi dan penumpang.

Batu juga dapat mengenai bagian lain dari kendaraan, seperti kap mesin, atap, atau bahkan bumper. Selain itu, menabrak batu juga dapat menyebabkan mobil hilang kendali dan menabrak kendaraan lain atau benda lain di jalan.

Mobil Baru Rp105 Jutaan Ini Sudah Bisa Dipesan, Bensinnya 25 Km per Liter

Seperti yang baru-baru ini terjadi di jalan tol Cikopo-Palimanan atau Tol Cipali, di mana ada dua insiden dengan waktu yang berbeda.

Jadwal Mobil SIM Keliling Jakarta dan Tangsel Minggu 5 Mei 2024

Dikutip VIVA Otomotif dari laman Instagram @rahadian_wj, peristiwa bermula ketika mobil Honda Brio sedang melaju di lajur kanan ruas KM 151 dari Cirebon arah Jakarta.

”Ada bongkahan batu besar tepat di tengah jalan, sehingga mobil brio yang kami kendarai tidak bisa menghindari batu tersebut hingga akhirnya mobil kami menabrak batu yang ada DITENGAH JALAN..setelah mnabrak batu mobil kami melambat kemudian dari arah belakang mobil avanza veloz menabrak kami,” tulis pemilik akun.

Menurut pemilik akun, ada kerusakan di bawah mesin di mana bak penampungan oli rusak dan bumper belakang hingga bagasi ringsek akibat ditabrak dari belakang,

”Apresiasi untuk kesigapan dan keramahan petugas PJR dan lapangan ketika mengevakuasi kami,” ujarnya.

Peristiwa kedua terjadi di KM 134, di mana mobil Chevrolet Spin menabrak batu yang disebut jatuh dari bukit kecil di sisi jalan tol.

”Pecah ban, di sana ada batu jatuh, banyak korban,” kata pengemudi mobil yang mengunggah video di akun TikTok @initial_jf.

Sebagai informasi, salah satu cara untuk terhindar dari bahaya adanya batu di jalan tol yakni dengan menjaga kecepatan kendaraan di bawah batas maksimal yang sudah ditentukan, serta selalu waspada dan memantau kondisi jalan yang ada di depan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya