Mitsubishi Mulai Produksi Mobil Listrik di Indonesia

VIVA Otomotif: Mobil listrik Mitsubishi Minicab-MiEV di IIMS 2023
Sumber :
  • Istimewa

Cikarang, 15 Desember 2023 – Mitsubishi Motors Corporation memulai produksi New Minicab EV di Indonesia. Mobil listrik niaga kelas kei-car ini dirakit di pabrik PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia, yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat.

Pemerintah Bidik Penjualan Mobil Listrik Capai 50 Ribu Unit

Rencananya, mobil listrik New Minicab EV akan mulai dipasarkan di Indonesia pada kuartal keempat tahun fiskal 2023.

Presiden dan Chief Executive Officer Mitsubishi Motors, Takao Kato, mengungkapkan bahwa langkah ini merupakan bentuk komitmen perusahaan dalam memenuhi permintaan kendaraan listrik yang terus meningkat di kawasan ASEAN, sekaligus berkontribusi pada inisiatif pelestarian lingkungan hidup di Indonesia.

Pabrik BYD di Subang Bisa Bikin 150 Ribu Mobil Listrik per Tahun, Beroperasi di 2026

"Dengan dimulainya produksi pertama kendaraan listrik kami di luar negeri, kami berharap dapat memenuhi permintaan kendaraan listrik yang terus meningkat di kawasan ASEAN dan pada saat yang sama berkontribusi pada inisiatif lingkungan hidup di negara ini,” ujarnya, dikutip VIVA Otomotif dari keterangan resmi.

Mitsubishi Motors mulai memproduksi mobil listrk Minicab EV di Indonesia

Photo :
  • Dok: MMKSI
Peringatan May Day, Ganjil-Genap di Jakarta Tidak Berlaku Hari Ini

New Minicab EV sendiri mengusung desain monobox yang dilengkapi dengan sistem EV yang telah terbukti pada i-MiEV, kendaraan listrik produksi massal pertama di dunia.

Mobil ini juga memiliki beberapa keunggulan lainnya, seperti ruang kargo yang besar, baterai penggerak ditempatkan di bawah tengah lantai, serta ramah lingkungan.

Presiden Direktur PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia, Atsushi Kurita menyatakan bahwa Indonesia merasa bangga menjadi negara pertama yang memproduksi lokal New Minicab EV.

"Penetapan Indonesia sebagai negara pertama yang melakukan produksi lokal Minicab MiEV / L100 EV merupakan langkah signifikan bagi Mitsubishi Motors, dan sebagai distributor di Indonesia, kami bangga menjadi bagian dari inisiatif lingkungan ini,” tuturnya.

Lewat kajian yang telah dilakukan sebelumnya di Indonesia terkait efisiensi penggunaan BEV pada segmen kendaraan niaga ringan, Kurita-san mengaku siap untuk mulai memasarkan produk ini di Indonesia pada awal tahun depan.

Dengan dimulainya produksi New Minicab EV, Mitsubishi Motors diharapkan dapat semakin memperkuat posisinya di pasar kendaraan listrik Indonesia, sekaligus berkontribusi dalam menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan berkelanjutan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya