Unik, Ini Salah Satu Profesi Penting di Pameran Otomotif IIMS 2024

Ilustrasi jasa lap poles mobil
Sumber :
  • Arianti Widya

Jakarta – Gelaran Indonesia International Motor Show atau IIMS 2024 di JIEXpo Kemayoran, Jakarta menghadirkan ragam keunikan tersendiri, baik itu dari mobil dan motor terbaru ataupun aksesori kendaraan harga termurah hingga termahal. 

Perkara Nomor Pelat, Pemilik Mobil Pikap Ini Kaget Diminta Bayar Perpanjang STNK Rp 5 Juta

Ternyata ada satu hal unik lainnya pada ajang IIMS 2024 yang jarang terlihat oleh pengunjung, yaitu jasa lap mobil yang berjaga di tiap booth pameran dari pagi hingga malam. 

Profesi ini biasanya membersihkan bagian eksterior dan interior mobil setelah di pegang-pegang atau dimasuki oleh para pengunjung pameran. 

Ada yang Spesial dari Wuling Motors Bulan Ini

Salah satu petugas lap poles mobil di booth Hyundai, Dimas menceritakan sedikit tentang pekerjaannya selama di pameran ini. 

IIMS 2024

Photo :
  • Arianti Widya
808 Ribu Kendaraan Diprediksi Tinggalkan Jabotabek pada Long Weekend Kenaikan Yesus Kristus

"Saya biasanya membersihkan mobil di pameran ini sedari pagi hari, kalau pagi saya vacuum kendaraan nya luar dan dalam. Tapi, kalau siang hari pas sudah ramai pengunjung, ya saya hanya lap-lap saja," ujarnya kepada VIVA Otomotif di JIEXpo Kemayoran, Jakarta. 

Dimas pun mengungkapkan ketakutannya saat melakukan pekerjaannya sebagai jasa lap poles mobil ini. 

"Kalau yang ditakutin tuh sebenarnya kan banyak orang ya, takutnya orang ada yang sandaran terus engga tahunya lecet atau ada anak-anak masuk ke dalam mobil bawa makanan minuman ternyata tumpah di dalam. Itu sih," jelasnya. 

Terkait honor, Dimas pun mengaku mendapatkan bayaran sebesar Rp175 ribu - Rp200 ribu per hari. Bila di total, selama 11 hari pameran, Dimas bisa mendapatkan gaji kurang lebih Rp2 Jutaan. 

"Per hari saya dapat Rp175 ribu - Rp200 ribu. Jadi, 11 hari pameran ya bisa Rp2 Jutaan," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya