Pesaing Avanza-Xenia Resmi Diluncurkan

Suzuki Ertiga
Sumber :
  • Motorbeam

VIVAnews - Ertiga, varian MPV (Multi Purpose Vehicle) terbaru milik Maruti Suzuki--pemegang merek Suzuki di India, resmi diluncurkan di ajang New Delhi Auto Expo 2012. Mobil yang disebut-sebut menjadi pesaing terkuat Avanza-Xenia, rencananya akan dirilis juga Indonesia pada tahun ini.

Dilansir Motorbeam, Senin 9 Januari 2012, Ertiga menjadi sebuah jawaban kebutuhan mobil keluarga dengan dimensi kabin (3 rows) yang luas. "Ertiga memiliki ruang, gaya dan kekompakan yang baik untuk sebuah mobil keluarga. Mobil ini diharapkan mampu memperkuat posisi kepemimpinan Suzuki di pasar otomotif Inda," kata bos Maruti Suzuki, Shinzo Nakanishi.

Ertiga memiliki dimensi panjang 4265 mm, lebar 1695 mm dan tinggi 1685 mm dengan wheelbase 2740 mm. Mobil berkapasitas tujuh penumpang dewasa ini, dilengkapi rem ABS, power steering listrik (EPS), tilt steering, wiper dengan sensor hujan, jok penumpang yang bisa disetel, AC double blower, unit audio dengan koneksi USB, tombol audio di setir, keyless entry dan central lock.

Program Pemberdayaan Sosial Mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi Universitas Paramadina

Desain eksterior Ertiga sangat dipengaruh oleh Suzuki Ritz, sedangkan interiornya mengusung kemewahan Suzuki Swift. Ertiga berkabin two-tone color. Dashboard juga terlihat sangat modern dan mewah, berkat adanya audio in-dash.

Kenyamanannya juga diperhatikan dengan penggunaan AC atap atau double blower. Untuk suspensi, basisnya sama dengan Swift, McPherson strut. Ertiga juga dilengkapi dengan velg alloy berukuran 15 inci.

Di India, Ertiga hadir dengan dua pilihan mesin. Pertama mesin diesel 1,3 liter Multijet yang bekerja sama dengan Fiat. Mesin itu mampu menghasilkan tenaga 88 tenaga kuda pada putaran mesin 4.000rpm dan torsi 200 Nm pada 1.750 rpm. Konsumsi bahan bakar mampu menembus 20,77 km/liter.

Adapun untuk varian mesin bensin 1,4 liter dengan tenaga 94 hp pada putaran mesin 6.000rpm dan torsi 130 Nm pada 4.000 rpm. Konsumsi bahan bakar diklaim 1 liter menembus 16 km.  Sedangkan harganya diprediksi pada kisaran 700-800 ribu rupee atau sekitar Rp122-139 juta untuk pasar India.

Rencananya Ertiga dengan mesin bensin yang akan diimpor ke Indonesia. Ertiga diprediksi akan dirilis di tanah air, pada April 2012. Namun hingga kini, Suzuki Indomobil Sales, masih belum mau berkomentar terkait hal tersebut. (eh)

Stop Misterius, Bangun Personal Brand-mu Sekarang Juga!
Seorang pendeta nyaris ditembak saat sedang kebaktian di Pennsylvania

Viral Seorang Pendeta Nyaris Ditembak saat Kebaktian di Gereja

Sebuah kejadian mengerikan terjadi di i Gereja Jesus' Dwelling Place di Pennsylvania ketika seorang pria mencoba menembak seorang pendeta saat sedang kebaktian.

img_title
VIVA.co.id
12 Mei 2024