Remaja 14 Tahun Berhasil Bobol Komputer Mobil

Ilustrasi rangkaian elektronik
Sumber :
  • Jalopnik

VIVA.co.id - Banyak produsen mobil yang mengklaim bahwa sistem komputer yang digunakan pada setiap produk terbaru mereka aman dari pembobolan. Biasanya mereka memakai embel-embel teknologi canggih seperti immobilizer atau data komputer yang terenkripsi, untuk meyakinkan konsumen agar membeli produk yang mereka jual.

Teknologi Masa Depan Honda Siap Dipajang di GIIAS 2016

Namun ternyata, seperti komputer lainnya, sistem yang ada pada mobil juga bisa disusupi, bila tahu cara dan titik kelemahannya. Dilansir dari situs jalopnik, Kamis 19 Februari 20115, hal ini ditunjukkan oleh seorang remaja berusia 14 tahun dari Amerika Serikat.

Kejadian ini bermula saat remaja tersebut mengikuti acara CyberAuto Challenge, yang diadakan oleh yayasan non profit, Battelle. Acara ini sudah memasuki tahun ketiga, dan diikuti sebanyak 30 pelajar dari sekolah dan perguruan tinggi.

Bocah 13 Tahun 'Bejek' Mobil Ini Hingga 320 km per Jam

Salah seorang remaja, yang tidak disebutkan namanya, memiliki ide untuk bisa berkomunikasi dengan sistem komputer mobil secara nirkabel, dengan menggunakan perangkat pemancar (transmitter).

karena ia tidak memiliki alat yang dibutuhkan, remaja tersebut kemudian mendatangi salah satu toko komponen elektronik, dan menghabiskan uang sebanyak US$14 (Rp179 ribu) untuk membeli komponen pemancar. Setelah menghabiskan waktu semalamam merakit alat tersebut, keesokan harinya ia berhasil berkomunikasi dengan mobil, yang juga dirahasiakan mereknya.

Jok Khusus Penyandang Disabilitas Ini Seharga Mobil

Meski komunikasi yang dijalin hanya sebatas mengoperasikan lampu depan dan penghapus kaca, namun kejadian ini sontak membuka mata panitia. Mereka tidak habis pikir, bagaimana seorang remaja yang tidak paham dengan konsep sistem komputer mobil, bisa membuat alat untuk membobol mobil tersebut. (ren)

Baca juga:

Contoh rem depan motor yang dilengkapi ABS.

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

Fungsinya sangat vital, makanya perlu perawatan.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016