Teknologi Pesawat Tempur Kini Bisa Dipasang di Mobil

Layar HUD Exploride.
Sumber :
  • Dok: Exploride

VIVA.co.id - Salah satu teknologi yang saat ini mulai banyak ditawarkan oleh para produsen mobil adalah fitur head-up display atau HUD. Dengan menggunakan HUD, pengemudi dapat dengan mudah memantau berbagai macam informasi, tanpa perlu terlalu lama melepaskan pandangan dari jalan.

Teknologi Masa Depan Honda Siap Dipajang di GIIAS 2016

Dilansir dari Carscoops, Selasa, 1 September 2015, biasanya HUD disediakan oleh produsen mobil pada tipe mobil tertentu saja. Salah satu agen pemegang merek di Indonesia yang sudah menghadirkan layar canggih ini adalah Mazda.

Namun kini, layar HUD akan bisa dibeli oleh konsumen secara bebas. Perusahaan start up Exploride menawarkan sebuah layar HUD yang bisa dihubungkan pada semua jenis mobil, asalkan mobil tersebut sudah dilengkapi dengan sistem suplai bahan bakar injeksi.

Bocah 13 Tahun 'Bejek' Mobil Ini Hingga 320 km per Jam

Pengemudi cukup menghubungkan layar HUD dengan komputer mobil melalui soket on-board diagnostic (OBD-II) yang biasanya ada di bawah setir. Saat mobil bergerak, layar akan menampilkan semua informasi seputar kondisi mesin, seperti pemakaian bahan bakar dan kecepatan.

Tidak hanya itu, karena Exploride dilengkapi dengan komputer kecil, maka alat ini bisa menampilkan peta digital melalui aplikasi Google Maps yang sudah terintegrasi. Sistem akan memandu pengemudi menuju tempat yang diinginkan.

Jok Khusus Penyandang Disabilitas Ini Seharga Mobil

Karena layar yang digunakan sifatnya semi transparan, maka pengemudi tetap dapat melihat kondisi jalan yang ada di depan, sehingga arah mobil tetap terkendali. Exploride dijual mulai dari US$299, atau setara dengan Rp4,1 juta.

Sekedar informasi, layar HUD awalnya dikembangkan untuk keperluan pilot pesawat tempur. Dengan layar ini, mereka bisa melihat semua informasi mengenai pesawat dan juga posisi musuh.

Contoh rem depan motor yang dilengkapi ABS.

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

Fungsinya sangat vital, makanya perlu perawatan.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016