Bagaimana Jika 1.400 Mobil Ludes Terbakar Berbarengan?

1.400 Mobil terbakar saat pergantian malam tahun baru 2018 di Liverpool, Inggris. Foto: kebakaran di Los Angeles, Amerika Serikat.
Sumber :
  • Twitter

VIVA – Sebuah kebakaran hebat terjadi di King's Dock, gedung bertingkat enam lantai yang berfungsi sebagai tempat parkir di malam pergantian tahun baru 2018, di Liverpool, Inggris. Akibat peristiwa itu, sebanyak 1.400 mobil terbakar.

Mobil Daihatsu Ayla Terbakar di Tanjakan Depok, Pengemudi Selamat

Polisi mengatakan sebagian besar mobil yang terparkir di gedung bertingkat dengan kapasitas 1.600 kendaraan itu telah rusak, sehingga mereka menyarankan para pemilik kendaraan untuk segera menghubungi perusahaan asuransi.

Kebakaran itu juga membuat pertunjukan kuda internasional di Liverpool Echo Arena terpaksa dibatalkan karena berlokasi di sebelah gedung. Penyelenggara mengatakan seluruh orang dan kuda yang terlibat acara dalam kondisi aman.

Terkuak, Kaki AKP Novandi Patah Terjepit Dashboard Camry

Pemadam Kebakaran Merseyside mengatakan, berdasarkan penyelidikan awal, insiden terjadi secara tidak sengaja dari sebuah mobil. Kemudian api menyebar ke kendaraan lainnya. Api akhirnya berhasil dilumatkan puluhan mobil petugas pemadam kebakaran setelah enam jam berjibaku melakukan penyelamatan.

Dewan Kota Liverpool seketika langsung membuka posko sebagai tempat istirahat  bagi orang-orang yang tidak bisa pulang karena kebakaran itu. Kebakaran juga membuat Wali Kota Joe Anderson turut mengunjungi tempat kejadian yang dia deskripsikan sebagai sebuah insiden besar.

Camry Terbakar di Senen yang Ditumpangi AKP Novandi Milik Fatimah

"Orang-orang Liverpool tidak pernah mengecewakan kami dengan kemurahan hati dan setiap orang telah diberikan akomodasi atau tumpangan. Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua orang yang menawarkan bantuan," katanya dikutip Reuters.

Sementara itu seperti dikutip NBCnews, petugas keamanan sempat dibuat repot saat melakukan evakuasi puluhan kuda yang dikandangkan di lantai satu. Meski begitu semua kuda yang berjumlah 80 ekor selamat. Penghuni apartemen di sekitar gedung juga ikut dievakuasi.

Salah seorang saksi mata, Mike Quek mengatakan, kejadian kebakaran di gedung parkiran amatlah mengerikan. "Banyak ledakan, banyak pula suara kaca-kaca pecah, karena banyak jendela mobil yang berceceran," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya