5 Mobil yang Jadi Bintang IIMS 2018

All New Suzuki Ertiga 2018
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

VIVA – Gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, yang tengah digelar 19-29 April, di JIExpo, Kemayoran, jadi ajang bagi sejumlah merek untuk memamerkan dan meluncurkan produk-produk barunya.

Besarnya Antusias Pelaku Otomotif untuk IIMS 2022

Setidaknya ada belasan produk baru yang muncul, baik roda dua maupun roda empat. Lantas, apa saja mobil 'bintang' di ajang IIMS 2018. Berikut rangkuman VIVA:

1. Suzuki All new Ertiga

Daftar Merek Mobil dan Motor yang Ikut IIMS 2021

All New Suzuki Ertiga 2018

Setelah lama tak mendapat ubahan, Suzuki akhirnya meluncurkan Ertiga generasi kedua. Wujudnya kini semakin menarik, meninggalkan desain konservatif yang selama ini diusung.

Konsumen RI Bisa Lihat Pameran Otomotif via Layar, Ini Jadwalnya

Dimensi juga semakin besar, baik lebih panjang maupun lebih lebar. Alhasil kabin pun menjadi lebih luas. Selain desain yang berubah jadi agresif, mesin yang digendong turut mendapat ubahan berarti.

Apabila sebelumnya hanya dibekali mesin 1.400cc, kini menjadi 1.500cc. Menariknya kendati mesin jadi lebih besar, tetapi konsumsi bahan bakar jadi lebih irit.

Sayang, walau sudah bisa dipesan calon konsumen, harganya belum diumumkan secara resmi oleh Suzuki.

2. Wuling Cortez 1.5

Peluncuran Wuling Cortez 1.5 di IIMS 2018.

Wuling Motors menambah lini mobil yang dijual di Indonesia. Merek otomotif China tersebut meluncurkan mobil keluarga segmen menengah, Cortez 1.5.

Wuling Cortez 1.5 menggendong mesin bensin berkapasitas 1.500 cc, yang dapat menghasilkan tenaga 110 daya kuda dan torsi 142 newton meter. Berbeda dengan Cortez 1.8, varian ini hanya mengandalkan transmisi manual enam-percepatan.

Untuk harga, Wuling Motors melabeli Cortez 1.5S dengan banderol Rp193,8juta dan 1.5C Rp203,8 juta, keduanya ditawarkan dengan status on the road Jakarta.

Versi 1.5C dijual lebih mahal karena telah disematkan beberapa fitur andalan, seperti pemantau tekanan ban, sensor parkir dan immobilizer.

3. Sokon Glory 580

Sokon Glory 580 mendarat di Indonesia.

Satu lagi mobil asal China membuktikan keseriusannya menggarap pasar otomotif Tanah Air. Setelah Wuling, kini DFSK atau DongFeng Sokon menawarkan produk mobilnya ke masyarakat.

DFSK meluncurkan SUV Glory 580. Mobil ini punya dua pilihan mesin, yakni 1.5 liter Turbo dan 1.8 liter naturally aspirated. Mesin dikombinasikan dengan pilihan transmisi manual lima-percepatan dan transmisi otomatis CVT.

Mobil yang digadang-gadang bakal jadi pesaing sengit Honda HR-V ini sudah bisa dipesan pada pameran IIMS 2018. Menariknya, fitur yang diusungnya lengkap hingga disebut-sebut menyaingi fitur milik Honda CR-V.

Harga yang ditawarkan untuk mobil ini berada di kisaran Rp220 juta sampai Rp350 juta.

4. Mitsubishi Triton Athlete

Triton Athlete

Mitsubishi tak ketinggalan meluncurkan Triton Athlete di IIMS 2018. Mobil ini melengkapi varian kabin ganda Mitsubishi yang dijual di Tanah Air.

Jika lihat dari luar, Triton Athlete memiliki tampang keren dengan kombinasi bodi putih yang dipadu warna hitam pada grille depan, bumper, spion, handle door, serta pelek baru berdiameter 17 inci. Terdapat garis oranye dan hitam dari depan hingga ke belakang bumper.

Mobil pikap kabin ganda varian baru ini mengandalkan mesin berkapasitas 2.477cc dengan turbo dan intercooler dengan tenaga 178ps dan torsi 400nm. Tenaga mesin disalurkan melalui pilihan transmisi manual lima-percepatan atau otomatis lima-percepatan, dan sistem easy select 4wheel drive.

Pikap kabin ganda Triton Athlete dengan transmisi otomatis dibanderol Rp445 juta on the road Jabodetabek, dan transmisi manual Rp431 juta on the road Jabodetabek.

5. Honda Small RS Concept

Honda Small RS Concept diperkenalkan di IIMS 2018.

Honda menepati janji untuk memperkenalkan mobil konsep terbaru di ajang IIMS 2018. Mobil itu bernama Small RS Concept. Menariknya mobil konsep tersebut pertama kali hadir di dunia, dan Indonesia dipercaya sebagai tempat memperkenalkannya.

Menurut Honda, hathcback konsep ini dikembangkan langsung oleh Honda R&D Asia Pasific. Wujud luarnya kental nuansa sporty, dan merupakan kawin silang antara Mobilio dan Brio.

Pembenaman logo RS sendiri untuk menegaskan mobil tersebut merupakan varian sport. Mobil ini merupakan konsep yang dibangun khusus untuk Indonesia. Walau begitu untuk kemungkinan produksi belum bisa disebutkan waktunya. Termasuk untuk urusan mesin, belum bisa diprediksi pakai dapur pacu apa. (sb)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya