Alasan Logis Pelat Nomor Bakal Diubah Menjadi Putih

Purwarupa pelat nomor kendaraan model baru
Sumber :
  • Instagram @polantasindonesia

VIVA – Saat ini Tanda Nomor Kendaraan Bermotor atau pelat nomor pada kendaraan memiliki dasar hitam dengan angka serta tulisan putih. Nantinya, Korps Polisi Lalu Lintas berencana menggantinya dengan warna baru.

Polri Ancam Pidanakan Pemakai Pelat Palsu, Pemilik Kendaraan Diimbau Segera Mencopotnya

Rencananya, pelat nomor kendaraan bermotor model baru tersebut akan memiliki warna dasar putih yang dikombinasikan hitam pada angka dan hurufnya. Ini diketahui dari foto yang viral di media sosial Instagram beberapa waktu lalu, dan diamini kepolisian.

Menanggapi rencana tersebut, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu menyatakan kesetujuannya jika warna pelat nomor kendaraan diganti dengan warna baru.

Polri Akui Ada Anggotanya Terlibat Sidikat Pemalsuan Pelat Nomor Dewa

"Kalau bicara dari sudut pandang safety di jalan raya, kemampuan mata membaca warna khususnya dari jarak jauh  adalah warna-warna yang didominasi oleh putih, kuning, kemudian merah, enggak ada hitam," kata Jusri saat dihubungi VIVA, Jumat 27 Juli 2018.

Maka, kata dia, TNKB atau nomor polisi yang memiliki warna dasar putih dengan tulisan hitam, akan lebih terlihat menonjol dibandingkan dengan pelat nomor yang dipasang pada semua kendaraan pribadi saat ini, yakni dengan warna dasar hitam angka putih.

Cara Membaca Kode Pelat Nomor Kendaraan di Jabodetabek

"Dari sisi visibilitas ini jelas membantu. Kalau memang benar diterapkan, saya rasa bisa lebih mudah dideteksi oleh mata maupun kamera pengawas di jalan raya," ucapnya.

Selain itu, penggunaan warna pelat nomor kendaraan di berbagai negara menggunakan warna dasar putih dengan kombinasi huruf dan angka yang diberi warna lain.

"Di luar Indonesia, kebanyakan warna dasarnya putih, kemudian tulisannya merah, biru, atau hijau. Jadi warna yang paling menonjol yang memang dominan putih," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya