- Joericer
VIVA – Toyota Avanza sudah 15 tahun ada di pasar otomotif Indonesia. Sepanjang perjalanannya mobil keluarga segmen bawah ini sudah terjual sebanyak 1,7 juta unit. Kini PT Toyota Astra Motor sebagai agen resminya tengah menyiapkan pembaruan dari model tersebut.
Executive General Manager PT TAM, Fransiscus Soerjopranoto mengatakan, segmen low multi purpose vehicle atau low MPV memiliki banyak pilihan produk lantaran permintaan konsumen juga banyak.
"Low MPV kan banyak, ada Xpander, Wuling Confero masuk di situ. Ini menantang Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia untuk lebih baik, terus market-nya jadi ramai," kata Soerjo di Senayan, Jakarta.
Jika dilihat secara total penjualan, kata Soerjo, angkanya tidak berubah banyak. Berdasarkan data, kata Soerjo, jika melihat penjualan Mitsubishi Xpander bisa mencapai angka lima ribu bahkan sampai sembilan ribu unit dalam satu bulan.
Sementara Toyota Avanza, kata Soerjo, bisa berjalan di angka enam sampai tujuh ribu unit per bulan. "Avanza yang ada sekarang kan masih oke, di level tujuh ribu unit. Per Oktober 2018 bahkan sampai sembilan ribu, kemudian bulan November 2018 itu sekitar 7.700 unit hampir delapan ribuan, masih oke," kata Soerjo.
Menurut dia, Toyota Avanza masih menjadi kendaraan yang tepat bagi konsumen di Indonesia. Salah satu fitur andalannya adalah penggerak roda belakang yang bisa membuatnya melaju di berbagai macam kondisi jalan.
"Rasanya Avanza punya karakateristik yang sesuai kebutuhan masyarakat. Makanya dia masih bertahan. Soal model baru, nanti ya," kata Soerjo. (yns)