Mobil Listrik Terlaris Segera Masuk India, Indonesia Kapan?

Mobil listrik Nissan LEAF
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto

VIVA – Tahun lalu, Nissan Motor Indonesia (NMI) berencana mendatangkan mobil listrik andalannya Nissan Leaf ke tanah air. Indonesia menjadi salah satu negara yang dipertimbangkan akan menjadi pasar baru khususnya di Asia Tenggara.

Bocoran Mobil Listrik Honda di Tahun Depan, Ada Calon Pesaing Wuling Air ev

Namun hingga saat ini pihak NMI masih belum jelas kapan akan menghadirkan Nissan Leaf ke tanah air. Justru India yang justru lebih dulu memastikan akan memboyong Nissan Leaf. Rencananya pada April 2019 mendatang.

NMI sendiri tampak baru sebatas melakukan studi untuk menghadirkan mobil listrik. Tentu masih segar dalam ingatan saat NMI memberi kesempatan kepada beberapa media termasuk VIVA untuk mencoba Note e-Power Nissan tahun lalu.

Usai Jumpa Elon Musk, Luhut Ungkap Alasan Tesla Belum Mau Investasi di Indonesia

Diketahui, Nissan Leaf menjadi mobil listrik terlaris setelah terjual lebih dari 350 ribu unit di seluruh penjuru dunia sejak pertama kali diluncurkan pada 2010 silam.

Selain ramah lingkungan, mobil ini juga dapat diterima karena punya dimensi yang terbilang besar untuk ukuran mobil hatchback. Dilansir motorbeam, Nissan Leaf terbaru punya panjang 4.480 mm dan lebar 1.790 mm. Sedangkan untuk wheelbasenya 2.700 mm.

Mobil Listrik Hyundai Digunakan Tamu VIP di World Water Forum 2024

Lalu bagaimana performanya? Nissan Leaf terbaru diklaim mampu memuntahkan tenaga hingga 150 PS dan torsi 320 Nm. Tenaga motor listrik ini ditopang baterai 40 kWh dengan jarak tempuh 240-400 km sekali isi penuh.

Untuk sekali pengisian baterai secara penuh secara normal butuhnya 8 jam, namun dengan opsi fast charging dapat terisi hingga 80 persen hanya dalam waktu 40 menit. Untuk harganya di India, Nissan Leaf akan dibanderol sekitar Rp590 juta.

Honda hadirkan teknologi dalam pengisian daya mobil listrik

Honda Investasi Besar-besaran Demi Buat Mobil Listrik Sebanyak Ini

Honda Motor Co., Ltd menggelontorkan investasi besar-besaran untuk membuat mobil listrik demi mencapai targetnya di pasar global, pada 2040 hanya menjual mobil listrik...

img_title
VIVA.co.id
21 Mei 2024