Mercy Kembali ke Pangkuan Gaikindo, Bagaimana Reaksi Sang Rival BMW?

GIIAS
Sumber :
  • VIVA.co.id/M. Ali. Wafa

VIVA – Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang mewadahi semua agen pemegang merek (APM) mobil di Indonesia sebelumnya telah mengeluarkan Mercedes-Benz dari keanggotaanya sejak Februari 2018. Kini Mercy kembali ke pangkuan Gaikindo.

Fuji Beli Mobil Mewah Sampai Rp2,7 Miliar, Begini Respons Haji Faisal

Seperti diketahui sebelumnya, PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) didepak dari keanggotaan Gaikindo karena menolak menyetorkan hasil penjualan mereka ke Gaikindo sejak Mei 2017. Menurut MBDI karena principal melarang untuk menyebar luaskan data penjualan.

Namun pihak Mercy Indonesia tampaknya menyadari beberapa kerugian saat keluar dari Gaikindo. Diantaranya tentu tak akan dapat pamer kekuatan di ajang Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS). Yang hadir hanya perwakilan diler mereka.

Harganya Miliaran Rupiah, Kemampuan Mobil Fuji Bisa Melaju Hanya dalam Waktu 3,7 Detik

Sadar akan kerugian-kerugian yang akan diterima, tahun ini MBDI memutuskan kembali masuk menjadi anggota Gaikindo. Artinya data penjualan mobil dengan julukan Three Pointed Star tersebut akan kembali muncul dalam laporan bulanan penjualan mobil.

Keinginan Mercedes-Benz balik lagi sebagai anggota Gaikindo disampaikan langsung oleh Presiden Direktur MBDI Roelof Lamberts. "Kami sedang berupaya hingga kami bisa menjadi anggota lagi. Tetapi itu belum final dan kami berharap bisa final pada paruh pertama tahun ini," ujarnya beberapa waktu lalu.

Kata Menperin Agus Gumiwang soal BMW Mau Bikin Mobil Listrik di Indonesia

Akan kembali head to head terutama di ajan pameran, Vice President of Corporate Communication BMW Group Indonesia, Jodie O'tania mengaku tak ingin ambil pusing. Ia berdalih setiap merek punya segmen pasar yang berbeda-beda di kelas premium. Ia  justru menganggap sebagai sinyal positif bagi industri otomotif.

"Kami tidak bisa komentar untuk brand lain, selagi bisa mendukung industri otomotif di Indonesia kenapa tidak. Jadi menurut kami kompetisi itu selalu ada, tidak akan pernah hilang," ujar Jodie di Jakarta.

Menurut Jodie, baik ada Mercy atau tidak, tidak akan mempengaruhi strategi merka. "Dengan begitu BMW lebih kreatif untuk memberikan penawaran yang sesuai konsumen kami. Pokoknya kami tetap mencoba berikan program-program paling menarik," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya