Mau Beli Livina Terbaru, Intip Dulu Biaya Servisnya

All New Nissan Livina 2019
Sumber :
  • Nissan Indonesia

VIVA – All New Nissan Livina menggunakan platform Mitsubishi Xpander. Mobil keluarga yang dapat menampung tujuh orang penumpang tersebut ditawarkan dalam lima varian dengan harga mulai Rp198,8 juta sampai Rp261,9 juta.

Nissan Kembangkan Baterai Canggih untuk Mobil Listrik

Karena satu platform, mesin Livina baru sama dengan Xpander berkapasitas 1.500cc yang ditawarkan dalam skema transmisi manual dan matik. Nah, sebelum memboyong Livina baru, tidak ada salahnya memahami biaya servis yang harus Anda keluarkan.

"Kalau All New Livina sampai 50 ribu free jasa dan spareparts. Untuk warranty tiga tahun atau 100 ribu kilometer," ujar Service Manager diler Nissan-Datsun Alam Sutera, Tisno Adiwinarno kepada VIVA, di Tangerang, Senin 4 Maret 2019.

Dalam Setahun Mobil Mitsubishi Ini Dibuat 100 Ribu Unit

Pada servis pertama 10 ribu kilometer, pergantian meliputi oli mesin, filter oli, gasket atau paking. Memasuki 20 ribu kilometer ada tambahan part yang diganti, yakni filter AC. Sedangkan kelipatan 30 ribu kilometer, sama dengan servis di awal hanya ganti oli mesin, filter oli dan paking.

Yang cukup banyak pergantian saat jasa dan parts masih gratis di 40 ribu kilometer. Pada kelipatan tersebut ada beberapa onderdil yang diganti, yakni filter oli, filter udara, filter AC, paking, oli mesin dan minyak rem. Sedangkan di 50 ribu kilometer sama dengan awal.

Bos Honda Bertemu Nissan, Bahas Isu Penting

"Seperti kampas rem atau parts yang sifatnya habis tidak termasuk (gratis pergantian), bohlam tidak. Pokoknya pergantian parts sifatnya maintanance, sesuai dengan buku servis seperti oli mesin, filter oli dan lain-lain," tuturnya.

Biaya servis yang dikeluarkan konsumen dimulai dari 60 ribu kilometer sampai 100 ribu kilometer atau tiga tahun pertama. Total biayanya Rp7,058 juta untuk Livina transmisi manual, dan biaya transmisi matik Rp7,133 juta. Memang lebih mahal matik karena ada perbedaan.

Untuk kelipatan 60 ribu kilometer, jasa servis Livina matik dipatok Rp661 ribu. Sedangkan biaya onderdil yang wajib diganti seperti filter oli, filter AC, paking, filter bahan bakar, dan oli mesin harganya Rp1,243 juta. Total biayanya Rp2,094 juta, lebih mahal ketimbang manual.

Karena Livina transmisi manual biaya servis keseluruhan hanya Rp2,069 juta. Sebab jasa servisnya terbilang murah, hanya Rp638,4 ribu. Sedangkan untuk biaya dan pergantian part sama. Begitu pun kelipatan 70-100 ribu kilometer, pergantian parts masih sama, hanya biaya jasa matik lebih mahal. (kwo)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya