Nissan Hadirkan Livina, Mitsubishi Happy

All New Nissan Livina.
Sumber :
  • Nissan

VIVA – Aliansi Nissan dan Mitsubishi, akhirnya menelurkan satu produk baru untuk pasar Indonesia. Nissan memanfaatkan platform Xpander untuk generasi terbaru Livina, yang resmi diluncurkan pada 19 Februari 2019.

Gak Nyangka, Mobil Ini Diangkut Perahu Kayu Mengarungi Lautan

Nissan memanfaatkan pabrik Mitsubishi di Cikarang, Jawa Barat untuk produksi Livina baru. Duet mobil keluarga yang masuk kelas Multi Purpose Vehicle tersebut, mirip strategi Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

Meski begitu, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia sebagai produsen Xpander dan Livina, tetap menyatakan ‘perang’ terhadap Nissan. Seperti yang disampaikan Director of Sales and Marketing Division MMKSI, Irwan Kuncoro.

Mobil Baru Calon Pembunuh Avanza Punya Mesin Lebih Bertenaga

"Nissan dan Mitsubishi kan beraliansi. Secara branding, marketing itu masing-masing. Jadi, mau dibilang teman ya teman, kalau bersaing tetap bersaing," ujarnya di Jakarta, Kamis 14 Maret 2019.

Menurutnya, kehadiran Livina di pasar Tanah Air secara umum bagus untuk konsumen. Mereka jadi memiliki banyak pilihan, otomatis pasar di kelas tersebut semakin luas, dan menjadi peluang Mitsubishi untuk berkompetisi di pasar yang lebih besar.

Harga Avanza Baru dan Xpander Sebelum Diskon PPnBM Berakhir

"Happy saja (hadirnya Livina), karena Nissan diproduksi di Mitsubishi. Produksi kami jadi bertambah. Intinya, bagus-bagus saja," katanya. (yns)

Nissan Grand Livina L10

Mobil MPV yang Nyaman Ini Harga Bekasnya Stabil

Harga mobil bekas itu cenderung stabil di kisaran Rp140 juta hingga Rp160 juta untuk tahun pembuatan 2018.

img_title
VIVA.co.id
31 Oktober 2022