- VIVA/Pius Mali
VIVA – Persaingan penjualan produk otomotif di Indonesia semakin ketat, sejak hadirnya pemain asal China. Wuling dan DFSK menggebrak pasar dengan menghadirkan kendaraan yang sarat fitur mewah.
Seperti mesin dengan turbocharger dan sunroof pada bagian atap. Ada juga sistem hiburan canggih dan perangkat keselamatan saat berkendara.
Meski demikian, hal itu tidak membuat PT Honda Prospect Motor sebagai produsen mobil Honda, khawatir. Mereka bahkan mengaku, sudah lebih dulu melengkapi jajaran produk dengan berbagai fitur yang membuat perjalanan menjadi lebih nyaman.
Hal itu dikatakan Direktur Pemasaran dan Purna Jual HPM, Jonfis Fandy, saat ia bersama beberapa media menguji kenyamanan New Honda BR-V di Semarang dan Jepara, Jawa Tengah.
“Honda pertama kali lahirkan BR-V, Mobilio atau HR-V, itu fiturnya sudah jauh di atas pasaran. Mesin 1.500cc tenaga besar, siapa yg punya sampai saat ini? Yang bahan bakar hemat, siapa yg punya sampai saat ini? Ruang dalam yg lega, siapa yg punya?” ujarnya di Jepara, Jumat 3 Mei 2019.
Jonfis mengatakan, wajar jika banyak pemain baru berusaha menembus pasar dengan cara menyematkan banyak fitur. Namun, ia tetap yakin bahwa perusahaannya sudah mempraktikkan hal itu lebih dulu.
“Soal fitur-fitur, saya rasa konsumen Honda sudah menikmatinya sejak 45 tahun lalu,” tuturnya. (kwo)