Mobil Ini Cocok buat Presiden di Ibu Kota Baru

BMW X5 Protection VR6
Sumber :
  • Indianautosblog

VIVA – Lima tahun lagi, Indonesia punya pusat pemerintahan baru. Ibu kota yang tadinya berada di DKI Jakarta, akan dipindahkan ke Kalimantan Timur, tepatnya di antara Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara.

Bakal Hijrah ke IKN, Presiden Prabowo dan Wapres Gibran Pakai Mobil Dinas Listrik?

Meski wujudnya belum diketahui, namun kontur tanah di Kota Balikpapan dan Samarinda, yang berdekatan dengan lokasi ibu kota baru, cenderung berbukit. Kendaraan yang ideal untuk melintas di kondisi jalanan seperti itu, adalah sport utility vehicle.

Sayangnya, Jokowi sudah memiliki mobil baru, yakni sedan Mercedes-Benz S600 Guard edisi anyar. Jumlahnya sebanyak dua unit, dan akan menggantikan mobil lama yang diklaim sudah sering rusak.

Aset Pemerintah di Jakarta yang Ditinggal ke IKN Wajib Diserahkan ke Kemenkeu

Padahal, BMW memiliki mobil yang tidak kalah amannya, yaitu X5 Protection VR6. Model tersebut baru saja dihadirkan oleh pabrikan kendaraan asal Jerman itu, seperti dikutip dari Indianautosblog, Kamis 29 Agustus 2019.

Baca juga: Curhat Marcus Gideon, Kalah dari Kaesang

2024 Indonesia Ganti Ibu Kota dan 5 Negara Ini Alami Hal Serupa

Sesuai namanya, seluruh bodi mobil dilapisi dengan pelat tebal yang tidak bisa ditembus peluru. Bagian bawahnya juga dilindungi bahan khusus, yang dapat menahan ledakan bom TNT seberat 15 kilogram.

Demi keamanan, hanya kaca depan dengan ketebalan 33 milimeter yang dibekali dengan mekanisme naik dan turun. Namun, power window untuk kaca belakang juga disediakan dalam bentuk pilihan.

Fitur tambahan lain yang bisa dipilih, yakni pelapis khusus pada bagian atap. Fungsinya untuk melindungi penumpang, dari serangan drone atau pesawat.

Mobil yang dibangun dari model M50i ini mengusung mesin delapan silinder berkapasitas 4.400cc, yang dapat menghasilkan tenaga 530 daya kuda dan torsi 750 Newton meter. Sayang, tidak disebutkan berapa harganya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya