Yokohama Luncurkan 2 Ban Baru, Cocok untuk SUV dan Musim Hujan

Ban baru Yokohama BluEarth-GT AE51
Sumber :
  • Dok: Yokohama

VIVA – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika memprediksi, puncak musim hujan akan terjadi pada awal 2021. Oleh sebab itu, disarankan para pemilik mobil untuk bersiap mengecek kondisi kendaraan mereka.

Jangan Cuek, Penting Cek Kondisi Ban Mobil Usai Dipakai Perjalanan Jauh

Ban menjadi salah satu komponen pada mobil, yang harus diperhatikan saat musim hujan tiba. Karet bundar ini harus dalam kondisi prima, agar kendaraan tetap terkendali saat melintas di jalan.

Jika memerlukan penggantian ban, Yokohama bisa menjadi salah satu pilihan. Pabrikan asal Jepang tersebut baru saja meluncurkan dua ban baru, dengan spesifikasi yang berbeda.

Pengguna Mobil Nyaris Jadi Korban Kejahatan, Warganet Fokus ke Penumpang Perempuan

Model pertama adalah BluEarth-GT AE51, yang jadi Original Equipment Manufacturers (OEM) untuk beberapa model kendaraan buatan Lexus, Toyota dan Mazda.

Ban ini memiliki pola telapak asimetris, serta dibekali tiga garis di bagian tengah untuk memastikan stabilitas pada kecepatan tinggi. Pabrikan juga merancang garis menyerupai petir hingga ke tepi karet, untuk meningkatkan kemampuannya menapak di permukaan basah.

Viral Bengkel di Puncak Bogor Getok Harga Ganti Ban Mobil Rp200 Ribu, Polisi Turun Tangan

Penggunaan kompon baru pada ban ini, merupakan hasil teknologi pencampuran karet dengan teknik Advanced Reaction Technology in Mixing terbaru, sehingga efektif meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Yokohama BluEarth-GT AE51 diproduksi dalam 66 ukuran, dimulai dari 14 hingga 19 inci. Di Indonesia, ban ini akan dijual dengan banderol harga mulai Rp1 jutaan.

Sementara itu, Yokohama Geolandar CV G058 didesain khusus untuk kendaraan yang masuk dalam kategori sport utility vehicle dan crossover.

“Dengan mempertimbangkan kebutuhan ban yang memiliki performa hebat di segala medan dan kondisi, kami menganggap Geolandar CV G058 merupakan produk yang cocok untuk pasar Tanah Air,” ujar Deputy General Manager PT YHI Indonesia, Eka Satria melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif Senin 16 November 2020.

Photo :
  • Dok: Yokohama

Pola telapak ban ini menampilkan beberapa alur khas Yokohama, yang berfungsi meningkatkan daya tahan terhadap keausan yang tidak rata sekaligus meningkatkan traksi di jalan basah.

Penggunaan empat alur kombinasi di bagian tengah telapak juga dapat lebih meningkatkan traksi, sekaligus mencegah gejala hydroplaning. Kemampuan pengereman di jalan basah juga naik 12 persen, stabilitas meningkat 13 persen dan tingkat kebisingan jalan turun 34 persen.

Geolandar CV G058 memiliki 43 ukuran, mulai dari 15 hingga 20 inci. Di Indonesia, ban ini akan dijual dengan banderol mulai dari Rp2 jutaan.

Baca juga: Tanaman Hias Ditukar Avanza, Netizen: Positif Thinking Aja

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya