Mensos Juliari Batubara Pernah Punya Mobil Spesial

Porsche 911 Carrera buatan 2009
Sumber :
  • Performanceautogallery

VIVA – Masyarakat Indonesia dibuat terhenyak, saat Komisi Pemberantasan Korupsi menggelar operasi tangkap tangkap tangan atau OTT pada akhir pekan lalu. Salah satu tersangkanya yakni Menteri Sosial (Mensos), Juliari Batubara.

Aksi Sopir Pikap Ini Dipuji Warganet, Berani Hadang Dua Bus Lawan Arus

Pria kelahiran 1972 itu baru satu tahun menjabat sebagai Mensos. Selain tersangka, KPK juga menyita sejumlah uang yang diduga untuk tujuan suap, senilai Rp17 miliar.

Yang membuat kaget adalah, uang tersebut terkait dengan bantuan sosial atau bansos yang dikucurkan pemerintah untuk membantu rakyat tidak mampu melewati masa pandemi.

Video Toyota Calya Terjebak di Lumpur, Ada Cara Aman untuk Lolos

Dari setiap paket bansos, pria yang akrab disapa Ari itu menerima imbalan sebesar Rp10 ribu. Saat ini, tersangka sudah ditahan dan terus menjalani pemeriksaan lanjutan.

Nama Ari sudah lama malang melintang di dunia otomotif. Sejak 2003 hingga 2011, ia dipercaya sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia atau IMI.

Perlindungan Cat Mobil Berkualitas Tinggi Hadir di Jakarta Selatan

Hubungan antara Ari dan dengan kendaraan sebelumnya sudah terjalin, lantaran ia meneruskan bisnis keluarga dalam bidang produksi dan pemasaran pelumas merek Pennzoil dan Evalube.

Merek Pannzoil juga sempat berjaya di kancah balap nasional, bahkan memiliki tim balap motor di cabang road race dan motocross.

Pada 2010, merek tersebut dilepas oleh perusahaannya, PT Wiraswasta Gemilang Indonesia, karena kepemilikan Pennzoil global sudah beralih ke Shell. WGI kemudian fokus pada Evalube, yang merupakan merek buatan mereka sendiri.

Nama Juliari Batubara juga melekat di dunia politik, karena ia merupakan keponakan dari mantan Menteri Cosmas Batubara. Pada 2014, Ari duduk sebagai anggota di Senayan.

Dari laporan yang ia setorkan ke KPK, dikutip VIVA Otomotif Senin 7 Desember 2020, Ari mengaku bahwa pada 2015 ia memiliki tiga unit kendaraan mewah. Salah satunya merupakan mobil spesial, karena buatan Jerman dan masuk dalam kategori mobil sport.

Kendaraan yang dimaksud adalah Porsche 911 Carrera lansiran 2009, yang ia beli dalam kondisi bekas dan nilainya mencapai Rp1,6 miliar. Selain itu ada juga Toyota Alphard, serta Land Rover buatan 2008 yang sampai sekarang ia miliki.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya