Bocoran Spesifikasi Lengkap Toyota Raize Versi Indonesia

Toyota Raize
Sumber :
  • Dok: Toyota

VIVA – Setelah ditunggu selama lebih dari satu tahun, akhirnya Toyota Indonesia resmi mengumumkan kehadiran mobil baru mereka, yakni Toyota Raize.

Deretan Mobil SUV Murah di IIMS 2024

Peluncuran sudah dilakukan pada Rabu kemarin, dan unit akan mulai tersedia di diler pada Jumat 30 April esok hari. Prosesi pembukaan selubungnya dilakukan bersamaan dengan Daihatsu Rocky.

Acara digelar secara virtual, dan dihadiri oleh beberapa orang penting. Mulai dari Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita; Chief Executive Officer Toyota Motor Corporation – Asia Region, Yoichi Miyazaki; hingga President of Daihatsu Motor Company, Soichiro Okudaira.

Mobil SUV Baru Rp200 Jutaan Melantai di IIMS 2024, Pesaing Raize dan Rocky

Dalam sambutannya, Miyazaki mengatakan bahwa desain sport utility vehicle atau SUV yang digunakan pada Raize sudah diperhitungkan sesuai dengan kebutuhan konsumen di Tanah Air.

“Kami percaya, dengan desain sporty Raize akan menjadi pilihan yang tepat untuk pelanggan Indonesia di segmen yang sedang berkembang, yaitu SUV,” ujarnya.

Mobil Paling Murah Toyota dan Daihatsu Bakal Pakai Mesin Turbo?

Meski detail dari kendaraan anyar itu baru diumumkan esok hari, namun bocoran brosurnya sudah beredar di dunia maya. Dari penelusuran VIVA Otomotif, Kamis 29 April 2021, Raize diketahui memiliki dimensi panjang 4.030 milimeter, lebar 1.710 mm dan tinggi 1.635 mm.

Jarak roda depan dan belakang sebesar 2.525 mm, sementara bagian paling bawah dari bodi mobil berada 200 mm dari tanah. Dengan angka tersebut, maka kendaraan ini cukup aman untuk melintasi genangan air yang tidak terlalu tinggi.

Sistem pengereman menggunakan cakram berukuran 15 inci di bagian depan, sementara belakang masih teromol. Untungnya, kemudi sudah memakai power steering model elektrik.

Ada dua varian mesin yang ditawarkan, pertama 1KR-VET berkapasitas 1.000cc dengan tambahan turbocharger. Tenaganya 96 daya kuda dan torsi 140 Newton meter.

Mesin kedua yakni WA-VE dengan kapasitas 1.200cc yang tingkat kompresinya mencapai 12,8:1. Jantung pacu ini hanya bisa mengeluarkan tenaga 86 dk serta torsi 112 Nm.

Seluruh tenaga disalurkan melalui pilihan transmisi manual atau CVT, ke roda yang diameternya tersedia dalam ukuran 16 inci serta 17 inci tergantung tipe.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya