Dijual Lebih Mahal, Mobil Pesaing Toyota Raize Cuma Laku Segini

Volkswagen T-Cross
Volkswagen T-Cross
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Otomotif – Pasar mobil SUV, atau Sport Utility Vehicle kompak di Indonesia semakin ramai. Terlebih di kelas 1.000cc turbo, yang sebelumnya hanya diramaikan Nissan Magnite, kemudian muncul Toyota Raize, dan Daihatsu Rocky.

Dianggap masih punya peluang besar untuk bermain di ceruk pasar tersebut, Volkswagen sebagai salah satu merek Eropa mencoba keberuntungannya dengan merilis T-Cross pada Februari 2022.

Volkswagen T-Cross yang berstatus impor dari India itu hanya ditawarkan satu varian oleh PT Garuda Mataram Motor (GMM) sebagai produsen VW di Indonesia.

Mobil SUV kompak lima penumpang itu mengandalkan rancang bangun MQB, serupa dengan Polo, dan Audi A1 yang terlahir sebagai hatchback. Secara dimensi agak lebih besar dari Raize, atau Rocky, panjang keseluruhan 4,1 meter.

Dengan begitu ruang bagasi belakang bisa mencapai 385 liter, tanpa melipat kursi baris kedua. Lalu untuk menunjukkan kemewahannya, mobil baru buatan merek asal Jerman tersebut memiliki sunroof dengan sistem elektrik.

Terdapat ambient light berwarna putih, dengan memadukan dua warna berbeda antara jok, dashboard dan door trim. Sementara sistem hiburannya didukung head unit layar sentuh berukuran 10 inci yang dapat terhubung dengan smarphone.

SUV tersebut memiliki kunci pintar atau smart keyless, pengisian daya baterai gadget melalui wireless, serta panel instrument digital penuh warna alias TFT berukuran 8 inci yang memberikan berbagai informasi terkait kendaraan.