Mengejutkan, Bocoran Harga Mobil Baru Honda Pesaing Toyota Raize

Mobil konsep Honda SUV RS dipamerkan di GIIAS 2021.
Sumber :
  • Dok: HPM

VIVA – Mobil SUV, atau Sport Utility Vehicle kompak dengan mesin 1.000cc turbo, atau 1.200cc natural aspirated sedang digandrumi di Indonesia.

Pemilik Pajero Sport Ini Bisa Bikin Insinyur Mitsubishi Menangis

Ceruk pasar tersebut semakin bergairah sejak kehadiran Toyota Raize, dan Daihatsu Rocky pada tahun lalu. Sejak itu beberapa produsen mulai memperkenalkan produk sejenis, salah satunya Volkswagen T-Cross.

Mobil konsep Honda SUV RS dipamerkan di GIIAS 2021.

Photo :
  • Dok: HPM
Mengungkap Status Land Cruiser Pelat Nomor B3BAS yang Ugal-ugalan

Sebelumnya segmen SUV lima penumpang itu hanya diisi Nissan Magnite, namun secara penjualan tidak begitu menjanjikan jika dibandingkan Raize dan Rocky.

Melihat peluang pasar yang masih besar, Honda tidak mau ketinggalan dengan memperkenalkan SUV RS Concept di ajang GIIAS pada November 2021.

All New Hyundai Santa Fe Sudah Bisa Dipesan, Siap Bikin Pajero Sport Ketar-ketir

Mobil konsep yang dikembangkan sebagai kolaborasi Honda R&D Asia Pacific Co., Ltd. dan tim Honda di Indonesia ini menampilkan desain eksterior bergaya sporty sesuai DNA Honda dalam sebuah platform mobil SUV kompak.

Digadang-gadang produk yang masih dalam tahap studi itu akan menjadi calon pesaing Raize-Rocky. Namun hingga kini SUV RS terus diperkenalkan kepada publik melalui sejumlah pameran.

Diketahui, mobil konsep buatan lokal tersebut kembali hadir di IIMS tahun ini, kemudian berlanjut keliling Indonesia melalui pameran khusus. Daerah pertama yang disambangi adalah Bandung, Jawa Barat pada 11-17 April 2022.

Lalu kembali diperkenalkan di Main Atrium Paragon Mall Semarang, Jawa Tengah pada 12-16 Mei 2022. Jika melihat dari cara Honda memperkenalkan produk konsepnya itu serupa dengan mobil-mobil terbaru mereka.

Diantaranya N7X Concept yang dibawa keliling ke daerah-derah hingga akhirnya tanpa butuh waktu lama diproduksi massal menjadi All New BR-V, dan Small RS Concept menjadi All New Brio.

Sebelum resmi diluncurkan, atau produksi massal, bocoran lain soal SUV RS adalah harga dasarnya yang diduga sudah tercantum dalam NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor) DKI Jakarta.

Di dalam nilai dasar harga kendaraan baru Honda itu tercantum lima tipe, harganya mulai dari Rp163 juta untuk transmisi manual, sampai Rp189 juta transmisi matik jenis CVT.

NJKB Mobil Baru Honda

Photo :
  • Istimewa

Melihat dari kode masing-masing varian produk baru tersebut, tercantum angka sebagai kode mesin berkapasitas 1.500cc. Hingga kini PT Honda Prospect Motor (HPM) sebagai produsen masih menutup rapat informasi tersebut.

Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM, Yusak Billy enggan menegaskan bahwa nilai dasar yang terdaftar di Samsat DKI Jakarta itu adalah SUV RS versi produksi.

Menurutnya pendaftaran harga dasar tersebut salah satu proses administratif yang belum mengacu pada waktu produksi, atau peluncuran produk tertentu.

 “Jadi saat ini kami belum dapat memberikan informasi terkait hal ini,” ujar Billy saat dikonfirmasi Viva Otomotif, Jumat 24 Juni 2022.

Sebelumnya dia sempat menyebut, dari hasil risetnya sebagian besar masyarakat setuju jika SUV RS saat dijual dibanderol Rp250-300 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya