Bocoran Harga Toyota Avanza Baru Bikin Kaget Kaum Pas-pasan?

All New Toyota Avanza Veloz
Sumber :
  • Screenshoot Instagram

VIVA – All New Toyota Avanza akan meluncur dalam waktu dekat. Sebelum resmi dijual ke pasar, bocoran Avanza baru sudah ramai menjadi perbincangan, terlebih saat wujud utuhnya kepergok kamera dan tersebar di media sosial.

4 Ban Mobil Toyota Avanza Hilang Dicuri Saat Parkir

All New Avanza yang ramai diperbincangkan di jagat maya adalah kasta tertinggi, atau tipe Q. Wajahnya menjadi agresif dengan bermodal grill jaring-jaring berukuran besar, bumper dipadukan diffuser yang tidak sewarna bodi.

Lampu utamanya sipit seperti Raize dengan sumber pencahayaan LED, terdapat list krom yang mengalir mengikuti headlamp, dan kap mesin. Namun memerhatikan wajah Avanza baru secara keseluruhan mirip Kijang Innova.

Aksi Pemudik Angkut Dua Motor dengan Satu Mobil Bikin Warganet Heran

All New Toyota Avanza Veloz

Photo :
  • Screenshoot Instagram

Selain itu, bocoran inerior Avanza baru juga bikin pangling, karena jauh lebih mewah. Memiliki head unitnya model floating seperti Raize, rem parkir elektronik, jok dibalut bahan kain dan semi kulit, serta layar hiburan untuk penumpang baris kedua.

Viral Video Aksi Heroik Polisi Naik Motor Stut Mobil Avanza Mogok, Kuat Banget Kakinya

Sebelum wujud utuhnya terbongkar, Toyota diam-diam mendaftarkan sembilan varian Avanza Veloz baru dalam Peraturan Mendagri No. 40 Tahun 2021 tentang Perhitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor.

Untuk mesin 1.300cc terdapat dua tipe, harga dasarnya Rp157 juta untuk W100RE-LMDFJ 1.3 E MT, dan Rp168 juta berkode W100RE-LBDFJ 1.3 E CVT. Sedangkan 7 varian lainnya mengadopsi mesin berkapasitas 1.500cc.

Harganya mulai Rp172 juta untuk WR101RE-LMMFJ 1.5 G MT, sampai versi termahalnya ada Rp227 juta tipe WR101-RE-LBVFJ 1.5 Q CVT TSS.

Angka tersebut belum terhitung keuntungan perusahaan, BBN (Bea Balik Nama), biaya administrasi, hingga PPnBM (Pajak Penjualan atas Barang Mewah), maka harga jualnya dalam kondisi on the road akan lebih mahal.

Berdasarkan informasi dari beberapa tenaga penjual diler Toyota di Jakarta, dan Tangerang, banderol Avanza baru akan lebih mahal hingga puluhan juta rupiah jika dibandingkan dengan model lawas, atau yang dijual saat ini.

 “Prediksi harganya naik Rp40-50 juta, terutama tipe tertinggi yang fiturnya lebih canggih,” ujar salah satu wiraniaga diler yang enggan dicantumkan namanya saat dikonfirmasi Viva Otomotif, Selasa 19 Oktober 2021.

Hal berbeda diungkapan salah satu sales counter di tempat berbeda. Wanita yang enggan disebutkan namanya itu menyebut, harga MPV baru itu akan ada kenaikkan sekitar 20-30 jutaan tergantung tipenya.

Jika melihat dari perkiraan kenaikkan harganya, cukup bikin kaget kaum pas-pasan karena banderol Avanza baru bisa setara Mitsubishi Xpander, atau bahkan lebih mahal terutama tipe tertinggi yang dibekali segudang fitur canggih layiknya Raize.

Interior All New Toyota Avanza

Photo :
  • Screenshoot Instagram

Berkaca dari bocoran tipenya di dalam Permendagri, mobil MPV dengan kapasitas tujuh penumpang itu dibekali transmisi matik CVT (Continuously Variable Transmission), dan itur keamanannya didukung TSS (Toyota Safety Sense).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya