Mobil Buatan Indonesia Digandrungi di Luar Negeri

Ekspor mobil buatan Toyota Indonesia
Ekspor mobil buatan Toyota Indonesia
Sumber :
  • Dok: TMMIN

VIVA – Saat ini Indonesia sudah berhasil menjadi negara swasembada kendaraan bermotor, baik mobil maupun sepeda motor. Bahkan, unit yang diproduksi juga diekspor ke puluhan negara.

Hal ini membuktikan, bahwa kualitas dari kendaraan yang dibuat di dalam negeri sudah memenuhi standar internasional yang berlaku di masing-masing negara tujuan ekspor.

Dikutip VIVA Otomotif dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, Kamis 25 November 2021, sepanjang Januari hingga Oktober tahun ini ada lebih dari 235 ribu unit kendaraan bermotor roda empat yang dikapalkan ke luar negeri secara utuh atau completely built up (CBU).

Jumlah itu mengalami peningkatan 30,3 persen, apabila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Sementara itu, jumlah kendaraan yang dikirim dalam bentuk terurai atau completely knock down (CKD) yakni sebanyak 79 ribuan unit, naik 80 persen dari tahun lalu.

Ekspor Toyota Fortuner buatan Indonesia
Photo :
  • TMMIN

Ekspor Toyota Fortuner buatan Indonesia

Jika dilihat data pada Oktober, maka pabrik mobil yang paling banyak mengirimkan kendaraan ke luar negeri secara CBU adalah PT Astra Daihatsu Motor, dengan jumlah 10.189 unit. Merek yang dikapalkan kebanyakan memakai logo Toyota.

Urutan berikutnya diisi oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, yang mengekspor 8.467 unit mobil secara CBU pada bulan ke-10 tahun ini. Sayangnya, jumlah itu lebih rendah 60 persen jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya.